Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILKADA SERENTAK JABAR: Ridwan Kamil Tegur Herman dan Cellica

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan teguran secara tertulis kepada pasangan calon Pilkada Serentak yang melanggar protokol kesehatan saat pendaftaran calon ke KPU Daerah pekan lalu.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 September 2020  |  13:10 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri)

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan teguran secara tertulis kepada pasangan calon Pilkada Serentak yang melanggar protokol kesehatan saat pendaftaran calon ke KPU Daerah pekan lalu.

Ridwan Kamil mengatakan teguran tertulis dilayangkan kepada calon kepala daerah yang masuk daftar teguran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam daftar kepala daerah yang mendapat sanksi tertulis karena melanggar protokol kesehatan, terdapat dua pejabat dari Jabar yaitu Plt Bupati Cianjur Herman Suherman dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Menurutnya calon tersebut mengabaikan protokol kesehatan karena membawa arak-arakan massa saat mendaftar. “Ini jadi pelajaran,” katanya, Rabu (9/9/2020).

Pihaknya mengaku penguatan protokol kesehatan saat gelaran Pilkada harus dibahas khusus agar tidak terjadi klaster Covid-19 pilkada yang berasal dari acara temu calon, dan kerumunan.

“Saya lihat di beberapa tempat, mohon maaf, bukan di Jabar, saya lihat videonya sampai ada konser dalam rangka pendaftaran pilkada. Konsernya di lapangan, penuh orang, seperti seolah-olah tidak ada Covid-19,” paparnya.

Menurutnya kejadian tersebut tidak boleh dilakukan pasangan calon di 8 daerah yang menggelar pilkada serentak. Pihaknya akan memperkuat protokol kesehatan dengan melakukan koordinasi bersama KPU.

“Mudah-mudahan KPU juga bisa tegas memberikan sanksi yang membuat efek jera. Saya ingin Pilkada di Jabar sukses secara pelaksanaan, administratif dan secara penanganan epidemiologi Covid-19,” tuturnya.

Ridwan Kamil juga memastikan pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan soal adanya calon kepala daerah yang terpapar Covid-19. “Per hari ini informasi belum ada, mudah-mudahan tidak ada,” ujarnya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top