Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Besok, Ridwan Kamil Disuntik Vaksin Covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan kembali menjalani tahapan uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Bandung, Jumat (27/8/2020).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  16:05 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui proses tahap 1 dari 5 tahap tes vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda Bandung. Tahap 1 ini adalah pemeriksaan kesehatan, pengambilan swab, pengecekan kondisi paru-paru dan penandatanganan surat perjanjian hak dan kewajiban ini. - Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui proses tahap 1 dari 5 tahap tes vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda Bandung. Tahap 1 ini adalah pemeriksaan kesehatan, pengambilan swab, pengecekan kondisi paru-paru dan penandatanganan surat perjanjian hak dan kewajiban ini. - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan kembali menjalani tahapan uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Bandung, Jumat (27/8/2020). Rencananya, ini pertama kalinya Ridwan Kamil akan disuntik vaksin.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya kembali akan menjalani rangkaian uji klinis mengingat hasil tes yang dilakukan pada kunjungan pertama menunjukan dirinya sehat dan negatif Covid-19. “Sehingga besok lolos penyuntikan pertama di Puskesmas Garuda lagi,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya pemberian vaksin akan dimonitor hingga kunjungan ketiga. Jika imun naik 90 persen, maka ini bisa menjadi bukti bahwa vaksin kerjasama Sinovac-Biofarma tersebut bisa diproduksi.

Kini, guna menghadapi penyuntikan vaksin pertama, dirinya mempersiapkan diri dengan menjaga pola tidur dan makan. Pihak tim uji klinis mewanti-wanti jangan sampai ada penilaian orang sakit karena sakit. “Padahal ini karena gaya hidup misal angin-anginan fisik terkuras habis, ini bisa mengaburkan penilaian,” ujarnya.

Ridwan Kamil juga mengaku pihaknya mulai membatasi agenda kegiatan dengan mengurangi jumlah acara setiap harinya. Menurutnya dirinya selalu bersiap jika sewaktu-waktu ada panggilan dari dokter.

“Jadi definisinya kalau dipanggil dokter itu ada. Bukan berarti tidak keluar Bandung,” paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top