Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Fakta Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Kota Bandung yang Dilakukan Hari Ini

Selama enam bulan ke depan pasca disuntikkan vaksin, perkembangan kesehatan relawan akan dipantau intensif.
Simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Bandung/Bisnis-Rachman
Simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Bandung/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, BANDUNG - Tahapan uji klinis calon vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac Biotech, asal China hari ini digelar.

Hari pertama, uji klinis dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad di Jalan Eyckman, Kota Bandung. Berikut fakta-fakta terkait uji klinis vaksin Covid-19.

1. Seluruh relawan adalah warga Bandung

Ketua Tim Peneliti FK Unpad, Kusnandi Rusmil menyebut antusiasme masyarakat terhadap uji klinis ini sangat tinggi. Banyak warga dari luar Kota Bandung yang ingin mendaftar sebagai relawan untuk disuntikkan Vaksin Covid-19.

Hanya saja, tim peneliti hanya menerima relawan yang berdomisili di Kota Bandung. Alasannya, selama enam bulan ke depan pasca disuntikkan vaksin, perkembangan kesehatan relawan akan dipantau intensif. Sehingga dengan alasan tersebut, relawan dari luar Kota Bandung akan sulit dipantau setelah dilakukan penyuntikan.


2. Pendaftar relawan berasal dari seluruh kalangan

Kusnandi memastikan, perekrutan relawan uji klinis calon vaksin Covid-19 dilakukan terbuka. Hasilnya, masyarakat dari berbagai kalangam ikut mendaftar. Baik dari pejabat, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung Oded M Danial, Wakil Bupati Bandung Barat Henky Kurniawan hingga bankir, pengusaha sampai tenaga medis.

3. Mendapat uang pengganti transportasi

Para relawan yang menjalani uji klinis dipastikan mendapatkan kompensasi untuk menggantikan biaya transportasi dan komunikasi selama dilakukan pemantauan secara intensif.

Nantinya, para relawan akan menjalani lima kali pemeriksaan yang akan dikalkulasikan dengan uang Rp200.000. Namun, Kusnandi berharap relawan tidak menjadikan uang kompensasi tersebut sebagia motivasi utama saat mendaftar sebagai relawan.

4. Relawan akan dipantau selama 6 bulan

Relawan yang mengikuti uji klinis calon vaksin Covid-19 akan dipantau selama enam bulan. Selama enam bulan tersebut, para relawan akan didata perkembangan kondisi kesehatannya oleh tim peneliti.

Semua subjek, nantinya akan diberi buku catatan yang akan diisi jika nantinya setelah disuntikkan vaksin mengalami sakit, lalu berobat kemana dan obat yang dikonsumsinya apa.

5. Empat dari enam lokasi uji klinis adalah puskesmas

Uji klinis vaksin Covid-19 dilakukan di enam tempat berbeda yang ada di Kota Bandung. Pertama, adalah di Kampus Unpad Dipatiukur, RSP Unpad Jalan Eyckman. Kemudian, empat lagi adalah puskesmas yang ada di Kota Bandung yakni Puskesmas Garuda, Dago, Sukapakir dan Ciumbuleuit. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper