Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lahan Eks Pasar Sumber Terbengkalai, Tanaman Liar Tumbuh Subur‎

Lahan eks Pasar Sumber di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tampak terbengkalai.
Lahan eks Pasar Sumber Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi
Lahan eks Pasar Sumber Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Lahan eks Pasar Sumber di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tampak terbengkalai. Di lahan tersebut, tanaman liar tumbuh subur setinggi hampir dua meter.

Pantauan Bisnis.com, Senin (6/7/2020), lokasi lahan eks pasar tersebut berada di seberang Hutan Kota Sumber atau berjarak satu kilometer dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Di lokasi eks pasar tersebut, ditemukan banyak puing-puing bangunan bekas bangunan kios para pedagang pasar yang diduga sengaja ditinggalkan, di antaranya pecahan kaca, potongan kayu, brangkal atau bekas gempuran tembok, lembaran asbes.

Warga Kecamatan Sumber, Rusdi (45), mengatakan, kebedaan lahan terbengkalai tersebut dianggap merusak keindahan dan seringkali warga sekitar pun menjumpai adanya aktivitas mencurigakan yang dilakukan oleh sekelompok warga.

"Kesannya kumuh jadinya, jadi tempat anak-anak muda nongkrong tidak jelas pada waktu malam hari," kata Rusdi di Kabupaten Cirebon.

Pedagang di Pasar Sumber, Ida (53), mengatakan, lahan tersebut digunakan oleh para pedagang dari 2015 hingga 2018 menjadi tempat relokasi, lantaran Pasar Sumber mengalami kebakaran.

Ia menambahkan, setelah pembangunan Pasar Sumber selesai pada 2018, para pedagang meninggalkan eks lahan pasar tersebut dan beberapa di antaranya meninggalkan bangunan kios.

"Setelah Pasar Sumber selesai dibangun, semua pindah dan tidak ada lagi yang berjualan di situ," katanya.

Berdasarkan informasi, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019, salah satu poinnya menyebutkan, menjadikan Kabupaten Cirebon adalah kabupaten berbudaya.

Salah satu upaya untuk menunjang kabupaten berbudaya tersebut, pemerintah berencana mengubah lahan esk Pasar Sumber dan Hutan Kota Sumber menjadi panggung budaya.

Kedua lahan tersebut dianggap lebih representatif lantaran ditunjang dari beberapa aspek, di antaranya ketersediaan luas lahan, sarana parkir memadai, dan berada di kawasan pemerintahan daerah. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper