Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mayoritas Pemudik, Warga di Desa Cempaka Cirebon Ikuti Tes Swab

Puluhan warga di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjalani tes swab untuk mendeteksi Covid-19 di Balai Desa Cempaka, Kamis (28/5/2020).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  16:55 WIB
Warga di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjalani tes swab untuk mendeteksi Covid-19. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Warga di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjalani tes swab untuk mendeteksi Covid-19. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Puluhan warga di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjalani tes swab untuk mendeteksi Covid-19 di Balai Desa Cempaka, Kamis (28/5/2020).

Pelaksanaan tes tersebut dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cirebon.

Kepala Desa Cempaka, Adam, menyebutkan, Desa Cempaka mendapatkan kesempatan tes swab untuk 50 orang. Hal tersebut hasil dari pengajuan pemerintah desa ke puskesmas desa.

“Kalau masyarakatnya harus ke rumah sakit, mereka nanti harus bayar sendiri dan mahal,” kata Adam di lokasi tes swab.

Pelaksanaan tes swab tersebut, untuk puluhan warga Desa Cempaka, yakni pemudik, orang dalam pemantauan (ODP), dan perantau yang ingin kembali ke tempat perantauan.

Adam mengatakan, nantinya puluhan warga tersebut, terutama perantau yang akan kembali ke perantauan, akan diberikan surat pengantar dari desa untuk kelengkapan surat izin keluar masuk wilayah.

“Jumlah pemudik yang ada di desanya itu melebihi dari 350 orang. Maka pihaknya akan mencoba meminta swab test ini kembali,” katanya.

Selain itu, kata Adam, pemerintah desa beberapa kali mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), olahraga teratur, dan makan-makanan yang bergizi.

”Sudah disampaikan kalau keluar rumah harus pakai masker,” katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top