Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peduli UMKM, PIP Gandeng BAZNAS Salurkan Bantuan Rp332 Juta

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bekerjasama denga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggalang dana dari masyarakat untuk membantu usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19.
Peduli UMKM, PIP Gandeng BAZNAS Salurkan Bantuan Rp332 Juta/Bisnis-Dea Andriyawan
Peduli UMKM, PIP Gandeng BAZNAS Salurkan Bantuan Rp332 Juta/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bekerjasama denga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggalang dana dari masyarakat untuk membantu usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan Paket Logistik Keluarga akan dilakukan bertahap. Hari ini (22/5/2020) di Kota Bandung menjadi awal tahapan bantuan tersebut.

Direktur Utama PIP, Ririn Kadariyah, menuturkan pandemi Covid-19 berimbas secara langsung terhadap kelangsungan usaha mikro yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Mereka membutuhkan bantuan secara langsung dari pemerintah dan kelompok masyarakat yang lebih beruntung. Sejak awal Mei, PIP berkerjasama denga BAZNAS melakukan penggalangan dana yang hasilnya disumbangkan kepada pelaku usaha mikro,” tuturnya, Jumat (22/5/2020).

Sampai 20 Mei 2020, lanjutnya, telah terkumpul donasi sebesar Rp 332.737.801,- yang akan diberikan kepada pelaku usaha mikro yang terdampak, terutama yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka. Penggalangan dana tersebut akan berakhir pada akhir Mei 2020.


Senada dengan hal tersebut, Ketua BAZNAS Jawa Barat, Arif Ramdani, mengaku kerjasama dengan pihak PIP dalam pengumpulan dan penyaluran donasi bagi usaha mikro yang terdampak COVID-19 sejalan dengan misi BAZNAS.

Dia menjelaskan penggalangan dana PIP dan BAZNAS dilakukan melalui dua skema. Pertama, donasi dalam bentuk infaq dan sodaqoh. Kedua, donasi dalam bentuk zakat. Kedua skema penggalangan dana tersebut akan dikonversi dalam bentuk paket logistik keluarga yang berisikan bahan pangan yang dibutuhkan pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19 untuk menyambung kehidupan sehari-hari.

Sesuai dengan komitmen kerjasama, PIP dan BAZNAS akan menyalurkan bantuan bahan pangan tersebut kepada pelaku usaha mikro yang diwakili oleh anggota koperasi linkage penyaluran pembiayaan Ultra Mikro (UMi) terdampak pandemi yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Bantuan tahap pertama diberikan kepada 100 pelaku usaha mikro anggota Koperasi Syariah BMT itQan, Bandung sebelum kemudian dilanjutkan kepada anggota koperasi penyalur lainnya setelah Hari Raya Idulfitri 1441 H.‎

Dalam kegiatan penyerahan simbolis bantuan yang dilaksanakan di Gedung Zakat Center - BAZNAS Jawa Barat, hadir pula Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Sahat M. T. Panggabean serta perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.‎(K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper