Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Kebakaran di Kota Bandung Menurun Selama Pelaksanaan PSBB

Penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) pada bulan Ramadan ini berimbas pada penurunan kasus kebakaran di Kota Bandung.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) pada bulan Ramadan ini berimbas pada penurunan kasus kebakaran di Kota Bandung.

Sekretaris Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Rachmat Hidayat mengatakan, sejak pemerintah menganjurkan phsycal distancing dan dilanjutkan PSBB saat Ramadan di Kota Bandung, berdampak pada jumlah kasus kebakaran di masyarakat relatif menurun dibandingkan di bulan yang sama

"Pertengahan tahun lalu, dimana menjelang bulan Ramadan, peristiwa kebakaran di Kota Bandung berjumlah 15 kasus, sementara bulan Ramadan tahun ini yakni 7 kasus," terang Rachmat di Auditorium Dada Rosada Balai Kota Bandung, Rabu (13/5/2020).

Menurut dia, penurunan kasus kebakaran di Kota Bandung lantaran adanya kontrol aktivitas di rumah akibat dari penerapan PSBB. Bahkan, ia mencatat tujuh kecamatan zero accident.

"Tujuh Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Sukajadi, Cibeunying Kaler, Cibiru, Antapani, Panyileukan, Bandung Kidul, dan Gedebage," jelasnya.

Sedangkan kecamatan yang paling banyak terjadi kasus kebakaran yaitu Kecamatan Babakan Ciparay, sebanyak emam kasus.

"Menurunnya kasus kebakaran di Kota Bandung merupakan satu kabar baik tentunya. Dan berharap kondisi ini akan terus berlangsung meski Covid-19 sudah beres," ujarnya.

Ia menyebut, pemicu kebakaran masih didominasi oleh hubungan pendek arus listrik dan ledakan tabung gas karena kebocoran.

"Masyarakat banyak yang tidak mengganti selang ventilatornya, padahal selang ventilator punya batas waktu pemakaian," jelas dia. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper