Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Daerah Provinsi Jabar Pemenang Pembangunan Tahun 2020

PPD Jabar Tahun 2020 merupakan salah satu apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan dapat mencapai target pembangunan.
Agenda Musrenbang 2020 dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dari Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung./Bisnis-Wisnu Wage
Agenda Musrenbang 2020 dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dari Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung./Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jabar Tahun 2020 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jabar Tahun 2021 melalui video conference.

Dalam agenda yang dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dari Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung itu, turut ditayangkan video pengumuman Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Jabar Tahun 2020.

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, PPD Jabar Tahun 2020 merupakan salah satu apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan dapat mencapai target pembangunan.

"Serta PPD ini dapat menyiapkan dokumen RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan," kata Setiawan, Kamis (23/4/2020).

Adapun dalam Musrenbang Jabar Tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD 2021 itu, Setiawan melaporkan bahwa tema pembangunan Jabar pada tahun depan disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini, yakni menjadi Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Sistem Kesehatan Daerah.

Musrenbang yang diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar, Bupati/Wali Kota se-Jabar, anggota DPRD Jabar, kepala perangkat daerah Jabar, serta sekretaris daerah se-Jabar ini pun diharapkan menjadi momentum untuk pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 dan mendukung tahun ketiga pencapaian visi Jabar Juara Lahir dan Batin melalui inovasi dan kolaborasi.

Inovasi dan kolaborasi itulah yang menjadi kunci dalam perencanaan pembangunan di Jabar pada 2021 sehingga diharapkan kualitas perencanaan tahun depan lebih fokus, terinci, punya indikator jelas dan terukur oleh semua tingkat pemerintahan sesuai kewenangan masing-masing.

Berikut daftar pemenang Penghargaan Pembangunan Daerah Provinsi Jabar Tahun 2020 berdasarkan surat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar:

A. Kualifikasi Juara Terbaik Inovasi Inspiratif Daerah
Juara 3 - Kabupaten Kuningan (Desa Pinunjul)
Juara 2 - Kabupaten Bandung (Sasmaya Baskara)
Juara 1 - Kabupaten Indramayu (Gerbang Maca)

B. Kualifikasi Juara Harapan PPD Kota
Juara 3 - Kota Bekasi (Si Encang)
Juara 2 - Kota Banjar (Abatasa)
Juara 1 - Kota Cimahi (Pengembangan Wisata Edukasi Budaya untuk Mendukung Gastrodiplomasi)

C. Kualifikasi Juara Harapan PPD Kabupaten
Juara 3 - Kabupaten Sumedang (Penataan Kawasan Agrowisata & Smart Farming Ubi Jalar)
Juara 2 - Kabupaten Cirebon (Si Miskin Rangga)
Juara 1 - Kabupaten Karawang (Desa Saking Cinta)

D. Kualifikasi Juara Kota Terbaik PPD
Juara 3 - Kota Depok (Pembangunan Portal Smart Healthy City)
Juara 2 - Kota Bandung (Layad Rawat)
Juara 1 - Kota Bogor (Sekolah Ibu)

E. Kualifikasi Juara Kabupaten Terbaik PPD
Juara 3 - Kabupaten Purwakarta (Sipila dan DC Prokila)
Juara 2 - Kabupaten Pangandaran (Pendidikan Pangandaran Hebat)
Juara 1 - Kabupaten Garut (Top De Amor).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper