Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabupaten Bandung Siapkan Gugus Tugas Tingkat Desa

Dalam rangka percepatan pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bandung siapkan gugus tugas Covid-19 tingkat desa.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 23 April 2020  |  12:15 WIB
Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan (tengah berbatik)
Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan (tengah berbatik)

Bisnis.com, BANDUNG -- Dalam rangka percepatan pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bandung siapkan gugus tugas Covid-19 tingkat desa.

Hal tersebut tertuang pada Surat Edaran (SE) Bupati Bandung Nomor 443.1/930/Diskominfo tentang Panduan dan Peran Masyarakat dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 serta Penanganan Jenazah Covid-19 di Kabupaten Bandung.

Nantinya, gugus tugas tersebut akan membantu pemerintah daerah dalam memantau Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang tidak memiliki tempat isolasi mandiri yang layak, menyiapkan lokasi karantina bagi ODP dari wilayah padat penduduk, mengurus pemberian santunan kepada ODP, melaporkan kasus baru kepada puskesmas terdekat, koordinator pemulasaran jenazah covid-19 serta mengumpulkan laporan dari gugus tugas tingkat RW.

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan berharap, dengan melibatkan masyarakat, pihaknya dapat lebih efektif, efisien dan tepat sasaran dalam penanganan wabah tersebut.

“Pandemi global ini telah berdampak serius pada sendi – sendi ekonomi dan kesehatan masyarakat desa. Oleh karena itu, sesuai arahan Pak Presiden dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemkab Bandung menginstruksikan untuk membentuk gugus tugas Covid-19 baik tingkat kecamatan maupun tingkat desa,” ungkap dia, Kamis (23/4/2020).

Gun Gun menuturkan, dengan terbentuknya desa tanggap covid, akan meringankan beban pemerintah daerah dalam percepatan penanganan wabah tersebut.

“Saat ini masyarakatlah yang menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona. Melalui gugus tugas, masyarakat dapat membantu pemerintah daerah dalam mengawasi lingkungan sekitarnya. Karena mereka yang tahu mana warga setempat dan mana pendatang. Dengan begitu, tenaga medis di puskesmas dapat fokus menangani orang yang sakit,” jelas Gun Gun.

Sementara terkait pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bandung, dirinya miminta agar masyarakat Kabupaten Bandung disiplin dalam mengikuti imbauan pemerintah.

“Di Kabupaten Bandung, PSBB diberlakukan secara parsial di tujuh kecamatan yakni Kecamatan Margaasih, Margahayu, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Cilengkrang, Cileunyi, dan Cimenyan. Meskipun begitu, bukan berarti kecamatan lainnya luput dari pengawasan,” imbuh wabup. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top