Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak Corona, Pengusaha Olahan Kopi di Kuningan Kehilangan Omzet Ratusan Juta

Wabah virus corona (COVID-19) yang merebak di Indonesia sampai saat ini, berdampak kepada sejumlah pengusaha kecil. Tidak terkecuali pengusaha olahan kopi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 13 April 2020  |  15:27 WIB
Waja Kopi di Bukit Sukageuri, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Waja Kopi di Bukit Sukageuri, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Wabah virus corona (COVID-19) yang merebak di Indonesia sampai saat ini, berdampak kepada sejumlah pengusaha kecil. Tidak terkecuali pengusaha olahan kopi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Dani Ramdani, pemilik kedai Waja Kopi di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, mengatakan, wabah tersebut sangat berdampak terhadap usahanya tersebut.‎

Kedai yang berada di Kawasan Obyek Wisata Bukit Sukageuri Kaki Gunung Ciremai ini terpaksa ditutup sementara sejak bulan lalu.‎

"Warung kopi saya berada di zona wisata, maka terpaksa ikut tutup sesuai imbauan pemerintah," kata Dani melalui pesan singkat, Senin (13/4/2020).

Akibat penutupan tersebut, saat ini Dani menerapkan sistem delivery order, karena produksi dilakukan di wilayah perkotaan Kabupaten Kuningan atau kediamannya, dengan dibantu oleh delapan orang pegawainya.

Dani mengatakan, untuk bisa mendapatkan menu pilihan, pembeli cukup melakukan order melalui pesan singkat via aplikasi whatsapp dan facebook, kemudian akan langsung diantar.

"Wajakopi belum terdaftar di Grab atau Gojek, jadi diantar langsung oleh pihak kami," katanya.‎

‎Dani mengatakan, akibat wabah tersebut pun ia mengalami penurunan omzet lebih dari 90 persen. ‎Sebelum adanya wabah corona, setiap bulannya ia bisa meraup omzet hingga Rp100 juta.

"Penghasilan per hari saat ini cuma Rp400 ribu, itu pun saya bagikan untuk pegawai," katanya.

‎Waja Kopi merupakan salah satu kedai kopi yang berbeda dengan kedai lainnya di Kabupaten Kuningan, karena bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat pemandangan dari atas ketinggian.

‎Sama dengan kedai kopi lainnya, Waja Kopi menyajikan sejumlah menu, yakni cappucino, americano, espresso, V60, vietnam drip, kopi susu, kopi sejagat, dan berbagai menu kopi lainnya. Harga mulai dari Rp 10 sampai 50 ribu.‎

Kopi yang digunakan untuk disajikan kepada pengunjung merupakan kopi lokal, yaitu arabika Darma, arabika Palutungan, arabika Cibunar, robusta Gunung Aci, dan robusta Cibereum.

‎Pengunjung kedai kopi tersebut yakni sebagian besar dari luar Kabupaten Kuningan, yaitu dari Cirebon, Majalengka, Indramayu, Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Depok‎.‎ (K45)‎



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuningan
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top