Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kota Bandung Tetap Belum akan Ajukan PSBB

Pemerintah Kota Bandung belum berencana untuk mengajukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) kepada Provinsi Jawa Barat untuk diteruskan ke Pemerintah Pusat.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 08 April 2020  |  17:57 WIB
Wali Kota Bandung Oded M. Danial berbicara kepada media, Rabu (8/4/2020) di Balai Kota Bandung - Bisnis/Dea Andriyawan
Wali Kota Bandung Oded M. Danial berbicara kepada media, Rabu (8/4/2020) di Balai Kota Bandung - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung belum berencana untuk mengajukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) kepada Provinsi Jawa Barat untuk diteruskan ke Pemerintah Pusat.

Hingga saat ini, baru lima daerah di Jawa Barat yang akan diajukan untuk diterapkan PSBB kepada Kementerian Kesehatan. Lima daerah tersebut adalah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial memastikan Kota Bandung belum akan melakukan langkah yang sama dengan lima daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Oded usai pihaknya melakukan rapat terbatas dengan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Sampai hari ini kita sudah ada bahasan, tapi kami belum memutuskan itu, kalaupun akan memutuskan kearah sana, kita harus koordinasi dengan Saudara Gubernur Jawa Barat," kata Oded di Balai Kota Bandung, Rabu (8/4/2020).

Namun, Oded tidak menjelaskan lebih jauh alasan atau pertimbangan pihaknya belum akan mengajukan PSBB di tengah tren wabah COVID-19 di Kota Bandung yang terus meningkat.

Berdasarkan data yang dirilis Puscovid.go.id, hingga hari ini pada pukul 17.00 WIB, jumlah ODP di Kota Bandung mencapai 1.983 kasus, PDP 259 kasus dan positif 61 kasus.

"Memang kita ingin ada sebuah koordinasi, setelah Forkopimda sudah solid, saya berupaya setiap dua hari saya koordinasi dengan gubernur dan kepala daerah lain, ini upaya kami," jelas Oded.

Hanya saja, menurut Oded jika memang Kota Bandung akan mengajukan PSBB, maka ia memastikan keputusan tersebut harus dikaji secara komprehensif.

"Diharapkan kalaupun nanti harus terjadi PSBB saya berharap bisa komprehensif, bisa dikoordinasikan dengan Pemda lain, minimal kepala daerah Bandung Raya," jelas Oded.

Dalam rapat terbatas yang digelar lebih dari 3 jam tersebut, Oded menjelaskan, pihaknya banyak membahas terkait optimalisasi pergerakan Gugus Tugas Penangan COVID-19 di Kota Bandung.

"Kita karena sudah memiliki Gugus Tugas, yang diketuai saya, saya hari ini intinya bagaimana kita mengefektifkan Gugus Tugas ini, bidang-bidang harus sudah siap," jelas Oded.(k34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top