Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oded Bakal Minta Industri Strategis di Kota Bandung Produksi Alat Kesehatan

Wali Kota Bandung, Oded M Danial akan berkoordinasi dengan tiga industri strategis milik negara yang ada di Kota Bandung untuk bisa memproduksi alat perlengkapan kesehatan. Ketiganya yaitu PT Dirgantara Indonesia (PT DI), PT Pindad, dan PT LEN.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M Danial akan berkoordinasi dengan tiga industri strategis milik negara yang ada di Kota Bandung untuk bisa memproduksi alat perlengkapan kesehatan. Ketiganya yaitu PT Dirgantara Indonesia (PT DI), PT Pindad, dan PT LEN.

Hal itu merupakan respons Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung atas instruksi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan teleconference, Selasa (7/4/2020).

“Kita sudah berencana akan berkoordinasi dengan tiga industri besar di Kota Bandung sekaligus merespons arahan kementerian, bersama Pindad, PTDI dan PT. LEN. Karena dipandang oleh kami, mereka punya alat canggih dan bagus,” ucap Oded di Balai Kota Bandung, Selasa (7/4/2020).

Oded mengatakan, di tengah pandemi COVID-19 ini persoalan yang harus tertangani yaitu kebutuhan perlengkapan kesehatan. Bukan hanya masalah obat-obatan ataupun peralatannya saja, namun juga untuk pengamanan para petugas medis.

Sebelumnya, Pemkot Bandung sudah mengalokasikan dana sebesar Rp75 miliar untuk penanganan virus corona. Hanya saja mengingat wabah ini menyerang hampir seluruh dunia, maka pengadaan perlengkapan kesehatan bukanlah hal yang mudah.

“Pada prinsipnya, perindustrian bisa berjalan. Jika memungkinkan, digeser memproduksi APD (Alat Pelindung Diri) atau terkait dengan kesehatan,” ungkap Oded.

Mengingat potensi ketiga perusahaan itu, Oded menilai, culup memungkinkan.

“Kita membutuhkan ventilator. Mereka punya mesin canggih, siapa tahu bisa bantu," ujar Oded. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper