Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumedang Kekurangan APD, Ridwan Kamil Langsung Responsif Kirim Bantuan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung merespons kebutuhan darurat alat pelindung diri (APD) yang disampaikan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung merespons kebutuhan darurat alat pelindung diri (APD) yang disampaikan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat langsung bergerak cepat begitu keluhan akan kebutuhan APD disampaikan pihaknya, Kamis (2/4/2020).

“APD dan masker untuk tenaga kesehatan di RSUD Sumedang yang terbatas direspons langsung Gubernur Jabar, Pak Ridwan Kamil. Saya mendapat telepon [Ridwan Kamil] langsung,” katanya saat dihubungi, Jumat (3/4/2020).

Menurutnya bantuan kekurangan APD tersebut direncanakan akan mulai disalurkan ke RSUD Sumedang oleh Pemprov Jabar hari ini. Sebelumnya Dony melansir ketersediaan APD di RSUD Sumedang hanya sampai 2 minggu.

Pihaknya juga mencatat masker bedah hanya tersedia untuk 4 hari. Menurutnya meski dua kebutuhan tersebut di pasaran sangat sulit dicari, RSUD sedang terus mencarinya. “Kalau ada yang memiliki akses untuk mendapat barang tersebut bisa disampaikan kepada RSUD/ Dinkes,” katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pihaknya akan berupaya mengatasi kebutuhan-kebutuhan APD di daerah lewat sejumlah bantuan dari pihak luar yang baru diterima Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Khusus untuk Sumedang, pihaknya sudah menyiapkan bantuan 500 APD, dan masker sebanyak 5.000 unit. Bantuan direncanakan sudah diterima pihak RSUD Sumedang hari ini.

Terbaru, pihaknya baru saja mendapat bantuan masker, alat tes COVID-19 dan APD yang merupakan sumbangan sebagian besarnya dari perusahaan raksasa Alibaba milik Jack Ma. Bantuan tersebut didapat pihaknya lewat kiriman Kemenko Maritim dan Investasi.

Ridwan Kamil merinci bantuan tersebut antara lain ADP 9.500 unit, Swab kit 5.000 unit, Masker N95 2.500 unit, Masker 75.000 unit, Medical gloves 3.000 unit, Disposable cap 7.500 unit dan Disposable shoes cover 500 unit.

Jawa Barat sendiri menurutnya memerlukan sekitar 30 ribu Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis. “Kami hanya punya sisa 800 APD itu dari sisa pengiriman minggu lalu oleh BNPB dan lainnya yang totalnya 15 ribu. Mohon bantuan APD 30 ribu untuk seminggu kedepan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper