Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Corona, Jabar Segera Manfaatkan Drone Disinfektan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya untuk menangani dan mencegah penyebaran COVID-19 di Jabar, salah satunya dengan memanfaatkan drone disinfektan.
Drone disinfektan/Bisnis-Wisnu Wage
Drone disinfektan/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya untuk menangani dan mencegah penyebaran COVID-19 di Jabar, salah satunya dengan memanfaatkan drone disinfektan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, inovasi drone disinfectant yang dikembangkan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar mampu melakukan penyemprotan dengan jangkauan hingga lima hektare dalam waktu yang cepat.

"Bayangkan lima hektare bisa diselesaikan dengan waktu yang cepat ketimbang sambil berjalan kaki pelan-pelan, saya kira ini lebih efektif," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (1/4/2020).

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menambahkan, drone disinfectant berukuran besar ini memiliki delapan baling-baling dan mampu mengangkut 15 liter cairan disinfektan.

Drone disinfektan ini dinilai efektif untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke area yang sulit dijangkau. Kang Emil pun turut menyaksikan langsung peragaan penggunaan alat ini di area Gedung Pakuan.

"Kita gunakan (disinfektan) dengan dua cara, ada yang penyemprotan biasa ada juga untuk skala luas dan cepat yaitu drone ini," ujar Kang Emil.

Emil menuturkan, Pemdaprov Jabar sudah memesan drone disinfektan dengan jumlah banyak dan rencananya akan dibagikan ke 27 kabupaten/kota se-Jabar.

"Drone ini akan disebarkan ke seluruh kota-kabupaten di Jabar. Kami tadi sudah pesan untuk memproduksi sebanyak-banyaknya, minimal 27 buah dulu sesuai jumlah daerah (di Jabar)," kata Kang Emil.

Dukungan Pemdaprov Jabar terhadap inovasi KNPI Jabar ini, lanjut Kang Emil, menjadi salah satu bentuk kolaborasi agar penanggulangan penyebaran virus SARS-CoV-2 itu dapat lebih terkendali. "nsyaallah dengan kolaborasi, kita gerak cepat, ada rapid test drive-thru, disinfektan, mudah-mudahan di Jabar lebih terkendali dalam penanggulangan (penyakit) COVID-19," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper