Ada Usulan Sebagian Daerah di Jawa Barat Berlakukan Lockdown

DPRD Jawa Barat mendapat usulan dari sejumlah daerah untuk memberlakukan lockdown guna mencegah penyebaran virus corona.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  16:45 WIB
Ada Usulan Sebagian Daerah di Jawa Barat Berlakukan Lockdown
Ilustrasi. Warga menggunakan masker saat menggunakan eskalator di Stasiun Ampang Park, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (17/3/2020). Perdana Menteri Muhyiddin Yassin menyatakan bahwa Malaysia mulai membatasi pergerakan orang secara nasional untuk membatasi penyebaran virus corona. Negara itu melarang semua pengunjung, dan penduduk dilarang bepergian ke luar negeri, tempat ibadah, sekolah dan tempat bisnis akan ditutup kecuali untuk pasar yang memasok kebutuhan sehari-hari. Bloomberg - Samsul Said

Bisnis.com,BANDUNG—DPRD Jawa Barat mendapat usulan dari sejumlah daerah untuk memberlakukan lockdown guna mencegah penyebaran virus corona.

Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat mengatakan hal tersebut usai menggelar rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (26/3/2020).

Taufik mengatakan, usulan itu disampaikan lantaran ia mengamati kian masifnya warga Jabar di Jakarta yang pulang kampung.

"Seperti di Pantura termasuk daerah Selatan. Karena pemerintah pusat sebetulnya sudah menyampaikan mudik dilarang. Tapi 14 hari di rumah itu tetap saja jalan-jalan, masih ke mal. Banyak warga yang belum mengerti," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan usulan itu akan disampaikan kepada pemerintah pusat.

"Tadi dewan juga mengusulkan ada usulan lockdown di beberapa kota dan kabupaten tapi sedang kita diskusikan dengan pemerintah pusat apakah masukan-masukan dari Pemprov Jabar bisa dipertimbangkan terkait beberapa masukan dari dewan situasi di daerah banyak orang mudik," paparnya.

Menurut dia, masalah melonjaknya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Jawa Barat disebabkan banyaknya warga perantau asal Jabar dari Jakarta yang pulang kampung.

"Jadi problem hari ini ODP melonjak karena orang-orang yang harusnya tinggal di Jakarta mempergunakan tidak kerja ini malah pulang ke daerahnya seperti mudik, nah ini yang menjadi kendala besar sehingga kita akan lakukan sebuah tindakan yang lebih preventif," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top