Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Butuh Update Corona di Jabar? Pikobar Sudah Bisa Diunduh di Play Store

Pusat informasi dan koordinasi Jawa Barat (Pikobar) terkait virus corona atau COVID-19 yang selama ini berupa situs dan layanan di Jabar Command Center resmi meluncur menjadi aplikasi Android.
Ruang kendali Pikobar/Istimewa
Ruang kendali Pikobar/Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG—Pusat informasi dan koordinasi Jawa Barat (Pikobar) terkait virus corona atau COVID-19 yang selama ini berupa situs dan layanan di Jabar Command Center resmi meluncur menjadi aplikasi Android.

Pikobar yang rutin menampilkan dan memuat data sebaran corona global, Indonesia dan Jawa Barat tersebut resmi diluncurkan dalam bentuk aplikasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Jabar Command Center, Gedung Sate, Jumat (20/3/2020). Peluncuran sendiri disiarkan lewat akun instagram Ridwan Kamil dan Humas Jabar.

“Kami merilis aplikasi Pikobar, datanya bagaimana? Pake data nasional, [rumah sakit] rujukan, nomer telepon, sampai donasi ada di sini. Di aplikasi ini juga ada survei, apakah kesigapan pemerintah masih kurang, fitur periksa diri, artificial intelegence, terus sampai pertanyaan terjawab, anda perlu ke dokter atau tidak, diarahkan ke rumah sakit mana,” kata Ridwan Kamil.

Menurutnya aplikasi Pikobar saat ini sudah ada di Google Playstore. Pihaknya meminta agar masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan, pencegahan corona segera mengunduh aplikasi gratis tersebut.

“Tolong didownload, diinformasikan. Isinya termasuk video, edukasi dan klarifikasi berita hoaks ada di sini,” paparnya.

Ridwan Kamil memuji tim IT yang bisa membuat aplikasi ini hanya dalam satu minggu. Menurutnya keterlibatan tim moncer ini menunjukan semua bersatu padu dalam kebaikan dalam penanggulangan corona.

“Ini tim IT satu minggu [bikinnya], luar biasa,” ujarnya.

Dia menitipkan agar Pikobar bisa menjadi cara agar setiap keputusan yang diambil Pemprov Jawa Barat dalam urusan penanganan corona bisa mudah dan lebih memungkinkan pihaknya untuk proaktif.

“Dengan aplikasi ini insyaallah keputusan harian kami berdasarkan data yang baik termasuk ada fitur memohon bantuan masker ada disini juga. Tidak usah menelpon ada 70.000 an puskesmas di Jabar kalau semua nelpon pusing yah, cukup register di sini, berapa kebutuhannya kita akan kirim ke daerah lewat pintu puskesmas,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper