Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Tepis Menhub Terpapar Corona di Bandara Kertajati

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kalim mengaku prihatin dengan kondisi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi positif terjangkit virus corona (COVID-19).
Menhub Budi Karya Sumadi saat bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjemput awak Diamond Princess di Bandara Kertajati/Istimewa
Menhub Budi Karya Sumadi saat bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjemput awak Diamond Princess di Bandara Kertajati/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kalim mengaku prihatin dengan kondisi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi positif terjangkit virus corona (COVID-19).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya yakin status positif Budi Karya tersebut tidak ada hubungan dengan proses penjemputan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Seperti diketahui, sebanyak 69 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi ABK Diamond Princess dipulangkan dari Jepang melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Mereka tiba di bandara tersebut pada 1 Maret 2020 sekitar pukul 23:00 WIB.

Mereka dijemput oleh maskapai Garuda Indonesia. Selain Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, beberapa pejabat seperti Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi ikut menyambut kedatangan ABK di bandara.

“Saya sangat prihatin terhadap situasi yang dialami Menhub. Tapi, media harus clear yah. Kalau mau dihubungkan dengan (penjemputan ABK) Diamond Princess, kita pakai logika aja. Ada ga awak diamond pirncess yang positif? Semuanya negatif. Jadi argumentasi itu gugur, kalau menghubungkan positifnya menhub dengan Diamond Princess,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (15/3/2020).

Argumentasi lain Ridwan Kamil, saat penjemputan pun VIP memantau jarak jauh, sekira 500 meter. Selain itu, secara kronologis, ia bertemu dengan Menhub Budi Karya Sumadi sesaat sebelum konferensi pers.

“Dari magrib sampai malam, pak menteri (Perhubungan) hilir mudik ke Indramayu ke pelabuhan. Sementara saya dan pak Doni Monardo di hotel, transit. Dan bertemu di detik-detik melihat dan preskon. Tidak ada perbincangan sedikitpun khususnya saya, tidak ada interaksi fisik sama sekali,” katanya.

“Kalau positifnya dari Diamond Princess, itu abknya harus ada yang positif. Fakntanya negatif. Bukan dari Kertajati dan bukan dari Diamond Princess.Jangan didramatisir urusan Kertajati diamond princesnya yah. Logikanya mengatakan sangat jelas,” tegasnya.

Ridwan Kaml mengaku tetap akan memeriksakan diri. Hanya saja, waktu dan teknisnya akan disampaikan di lain hari. “Sudah lewat 14 hari, tapi atas nama kebaikan saya akan lakukan. Waktu dan teknisnya saya sampaikan,” ujarnya.

Sebelumnya Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi menyatakan sudah menerapkan standar kesehatan dan pengamanan yang memadai terkait pencegahan virus corona (COVID-19), termasuk saat menjadi tempat penjemputan ABK Diamond Princess.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper