Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Ini, 5 Investor Garmen akan Investasi di Ciayumajakuning

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi XI, Akhmad Satori, menyebutkan, 2020 ini akan ada lima investor yang akan membangun usaha di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).
Anggota DPR Komisi XI, Akhmad Satori/Bisnis-Hakim Baihaqi
Anggota DPR Komisi XI, Akhmad Satori/Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi XI, Akhmad Satori, menyebutkan, 2020 ini akan ada lima investor yang akan membangun usaha di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Satori mengatakan, lima investor tersebut sebagian besar akan membangu‎n di wilayah Kabupaten Majalengka dan satu di wilayah Palimanan, Kabupaten Cirebon. Semuanya di bidang garmen.

"‎Ini merupakan upaya peningkatan investasi dan ekspor dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah untuk mewujudkan Jabar Kahiji," kata Satori saat ditemui di Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (28/2/2020).

Untuk percepatan, kata Satori, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat untuk segera menyelesaikan proyek pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), agar akses menuju wilayah Ciayumajakuning lebih cepat.

Selain itu, ‎kepada pemerintah daerah pun untuk tidak mempersulit perizinan kepada para investor yang akan berinvestasi di wilayah Ciayumajakuning.

"‎Kalau semuanya lancar, semua akan mencair dan perekonomian wilayah Ciayumajakuning akan lebih maju," katanya.

‎Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon, Deni Agustin, menyebutkan, wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur sudah dilirik para pengusaha industri besar.

Faktor pendukung investasi di Kabupaten Cirebon wilayah timur saat ini yakni, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Pelabuhan Muara Djati, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), PLTU Cirebon, dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

"Untuk sarana prasarana, jangan khawatir. Jalan menuju Kabupaten Cirebon memiliki banyak akses. Banyak kemudahan di Cirebon," katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun, peruntukan industri menengah dan besar di Kabupaten Cirebon, berada di Ciwaringin, Gempol, Ciwaringin, Arjawinangun, Palimanan,‎ Depok, dan Mundu.

‎Sedangkan untuk kawasan industri kecil dan mikro berada di Sedong, Greged, Lemahabang, Astanajapura, Lemahabang, dan Pasaleman. (K45)‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper