Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ridwan Kamil Temui Korban Banjir Subang

Sesaat setelah mendarat di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Kamis (27/2/20) pagi, dari lawatannya ke Australia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  14:22 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang. - Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang. - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Sesaat setelah mendarat di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Kamis (27/2/20) pagi, dari lawatannya ke Australia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang.

Kang Emil — sapaan akrab Ridwan Kamil pun mempersingkat kunjungan kerjanya ke luar negeri, untuk langsung kembali ke tanah air. Kang Emil diagendakan meninjau langsung kondisi banjir di beberapa titik di Kabupaten Subang dan melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah yang wilayahnya terdmapak banjir.

“Ya tadi setelah landing di Husein (Bandara Husein Sastranegara Bandubg) beliau (Kang Emil) langsung meluncur ke Subang,” ujar Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Hermansyah.

Herman mengatakan, Kang Emil mempersingkat agenda kunjungan kerjanya ke luar negeri. Kang Emil, lanjut Herman, membatalkan kunjungan ke dua negara.

“Ada banyak agenda yang beliau batalkan di luar negeri, agar bisa langsung mengkoordinasikan tanggap darurat banjir di beberapa wilayah di Jabar. Seperti kita tahu ada beberapa titik di Karawang, Bekasi, dan di sini (Subang) yang masih tergenang baniir,” katanya.

Untuk peninjauan di Kabupatan Subang, Kang Emil akan meninjau beberapa titik lokasi banjir yang sudah tergenang banjir sejak Senin (24/2/20) lalu. Usai peninjauan, kata Herman, Kang Emil pun akan melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait penanggulangan lokasi dan korban.

“Nanti akan ada rakor dengan pemda di sini untuk upaya tanggap darurat,” tandas Herman.

Banjir di Subang tepatnya di beberapa desa di Kecamatan Pamanukan sudah terjadi selama empat hari. Salah seorang ibu bernama Sami (41) mengatakan, dirinya sudah tiga hari ada pengungsian. Sami mengatakan air datang menggenangi rumahnya sejak Senin (24/2/20) pagi.

“Katanya (banjirnya karena) luapan dari (Sungai) Cipunagara. Rumah saya kerendam sampai 1 meteran lebih,” kata Sami yang berasla dari Kampung Baru, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang.

Hingga hari keempat ini, kata Sami, sudah banyak warga pengungsian yang kembali ke rumahnya masing-masing. “Kalau sekarang sudah banyak warga yang pulang, karena memang sudah agak surut,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top