Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Kereta Nazi Jadi Paket Menarik Wisatawan Eropa ke Jabar

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat akan mendongkrak kunjungan wisatawan Eropa dengan menawarkan paket tur sejarah kereta api.
Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama/Istimewa
Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat akan mendongkrak kunjungan wisatawan Eropa dengan menawarkan paket tur sejarah kereta api.

Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan konsep sejarah jalur kereta api ini adalah bagian dari edukasi sekaligus mempopulerkan opsi wisata baru. “Jalur yang memungkinkan meliputi wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur,” katanya di Bandung, Senin (24/2/2020).

Dia menilai perkembangan kereta api di tiga daerah tersebut sangat kental dengan sejarah Indonesia. Ia mencontohkan, Stasiun Bogor yang dibangun dua tingkat kerap digunakan oleh jenderal pada zaman kolonialisme.

“Lalu, pada saat perang dunia kedua, ternyata Nazi Jerman masuk ke wilayah Jabar. Di antaranya, di kawasan Lido, daerah perbatasan Bogor-Sukabumi dan kawasan Cisaat terdapat kuburan tentara Nazi,” paparnya.

Kemudian, Cipetir dikenal sebagai tempat kawasan pabrik penghasil getah perca dari perkebunan karet yang digunakan sebagai bahan insulator kabel telegraf bawah laut Transatlantik pada abad ke 19.

“Setelah melewati jalur itu, wisatawan akan disuguhi terowongan Lampegan, dilanjutkan menuju Situs Gunung Padang sebagai salah satu cagar budaya di Kabupaten Cianjur,” tuturnya.

Semua rencana ini menurutnya dibahas secara serius dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang akan menjadi fasilitator dari wisata tersebut. Mengingat Bulan Maret sudah ada rencana kunjungan dari wisatawan asal Belanda.

"Tujuannya, kita ingin mengungkap bahwa kereta api yang melewati jalur-jalur pedalaman di Jabar yang kaya dengan sejarah. Kelebihan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing,” katanya.

“Tentu wisatawan asing dari kawasan Asia, terutama Eropa juga, ini kan salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata dari Eropa, seperti dari Belanda, Jerman atau Inggris. Wisatawan lokal juga tetap prioritas,” ia melanjutkan.

Target untuk meningkatkan kunjungan dari Eropa memang menjadi salah satu prioritas karena catatannya belum impresif. Industri pariwisata masih didominasi turis dari Australia, China dan negara kawasan Asia Tenggara.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisman asal Eropa ke Indonesia pada Januari-September 2019 mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama 2018 sebanyak 0,11%. Dari 1.566.900 wisman pada 2018 menjadi 1.565.200 wisman pada 2019.

Sementara itu, kunjungan wisman Amerika ke Indonesia pada Januari--September 2019 sebanyak 482.500 orang, mengalami kenaikan sebanyak 12,93% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018 yaitu sebanyak 427.200 orang.

Pada bulan Desember 2019, masih berdasarkan BPS Jawa Barat, wisatawan asing didominasi warga Malaysia dengan 60,89 persen. Lalu, Singapura menempati urutan kedua dengan 23,27 persen. India dan Amerika Serikat berada di angka 0,99 persen. Disusul oleh turis asal Tiongkok sebesar 0,82 persen.

Sementara itu, Australia berada di angka 0,82 persen disusul Jepang 0,75 persen dan Korea Selatan 0,50 persen. Inggris berada di posisi buncit dengan angka 0,34 persen. Sementara 10 persen sisanya berkategori lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper