Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bawang Putih di Cirebon Pekan Ini Berangsur Turun

Harga komoditas bawang putih di sejumlah pasar tradisional di wilayah Cirebon, Jawa Barat, terus mengalami penurunan.
Bawang putih/Bisnis
Bawang putih/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Harga komoditas bawang putih di sejumlah pasar tradisional di wilayah Cirebon, Jawa Barat, terus mengalami penurunan.

Berdasarkan hasil survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Bank Indonesia, harga bawang putih di PD Besar Kota Cirebon, sejak Kamis (20/2/2020) sampai Senin (24/2/2020), menjadi Rp44.500 per kilogram.

Sedangkan, pada Minggu awal Februari 20‎20, harga bawang putih di Kota Cirebon mencapai Rp53.700 per kilogram. Bahkan, di tingkat pedagang partai kecil hingga Rp60.000 per kilogram.

Di Kabupaten Cirebon tepatnya di Pasar Weru, harga per kilogram bawang putih dari Jumat (21/2/2020) hingga Senin (24/2/2020), yakni Rp51.000. Sedangkan pada awal bulan hingga Rp58.550 per kilogram.

Kasi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon, ‎mengatakan, harga normal bawang putih yakni Rp20.000 per kilogram. Komoditas tersebut pun menjadi andalan banyak orang.

"Bawang putih dari China itu lebih bagus, kualitas lebih baik dan lebih kering, sehingga tidak cepat busuk dibandingkan yang lain. Kalau bawang lain masih ada kadar air," kata Dini di Kabupaten Cirebon.

Pemerintah Indonesia saat ini, sudah mengarahkan untuk melakukan impor bawang putih dari negara penghasilnya, yaitu Thailand dan India. Selain itu, pemerintah pun mendorong petani lokal guna pemenuhan kebutuhan.

Dini mengatakan, salah satu daerah yang didorong pemerintah untuk menghasilkan bawang putih yakni dari wilayah Sukabumi, Jawa Barat.‎ (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper