Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kuota Haji 2020 Kabupaten Cirebon Sebanyak 2.411

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Khidir, menyebutkan, hingga saat ini kuota untuk pemberangkatan calon haji (calhaj) di Kabupaten Cirebon pada 2020 ini, sebanyak 2.411 orang.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  14:09 WIB
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon - Bisnis/Hakim Baihaqi
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Khidir, menyebutkan, hingga saat ini kuota untuk pemberangkatan calon haji (calhaj) di Kabupaten Cirebon pada 2020 ini, sebanyak 2.411 orang. Angka tersebut sama dengan tahun tahun lalu.

Khidir mengatakan, jumlah kuota tersebut masih belum dapat dipastikan oleh pihak Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, lantaran, isu penambahan 10 ribu kuota dari Kementerian Agama Pusat belum diputuskan.

"Penambahan jumlahnya nanti akan menunggu surat resmi dari kementerian, kemungkinan sama dengan tahun lalu, yaitu 23," kata Khidir di Kabupaten Cirebon, Rabu (13/2/2020).

Khidir mengatakan, penambahan kuota tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk calhaj lanjut usia (lansia), yakni yang sudah berusia di atas 75 tahun dan butuh pendampingan.

Pemberangkatan haji pada 2020, kata Khidir, dipastikan akan diberangkatkan antara 25 Juni atau 26 Juni. Namun keputusan tersebut akan disampaikan secara resmi kepada masyarakat setelah adanya keputusan dari Menteri Agama, Fachrul Razi.

"Tahun ini akan diberangkatkan langsung dari Bandara Kertajati, Majalengka. Sehingga tidak jauh dan menguras tenaga, terutama bagi yang lanjut usia," katanya.

Biaya haji di Kabupaten Cirebon untuk 2020 ini yakni Rp35.235.602. Hal tersebut masih sama dengan biaya pada pemberangkatan tahun lalu.

Pada 2019, kuota haji Indonesia sebanyak 221.000 jemaah. Jumlah tersebut terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top