Pemkab Cirebon Hapuskan Denda PBB Sampai April 2020

Pemerintah Kabupaten Cirebon menghapus denda pajak bumi dan bangunan (PBB), dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Cirebon ke-538. Penghapusan tersebut dilakukan dari 2 Januari sampai 30 April 2020.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  15:45 WIB
Pemkab Cirebon Hapuskan Denda PBB Sampai April 2020
Kantor Bupati Cirebon di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon menghapus denda pajak bumi dan bangunan (PBB), dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Cirebon ke-538. Penghapusan tersebut dilakukan dari 2 Januari sampai 30 April 2020.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana, mengatakan, saat ini ada ribuan masyarakat yang menunggak pajak PBB. Jumlah tersebut merata dihampir seluruh wilayah Kabupaten Cirebon.

Erus mengatakan, dari 412 desa di Kabupaten Cirebon, pada 2019, yang telah melunasi PBB hanya sebanyak 320 desa.

"Total PAD Kabupaten Cirebon tahun lalu itu Rp700 miliar, 20 miliarnya itu dari PBB," kata Erus di Pendopo Bupati Cirebon, Kota Cirebon, Rabu (12/2/2020).

Erus mengatakan, penghapusan pajak tersebut berlaku untuk masyarakat yang menunggu PBB dari 2016 hingga 2020. Caranya, masyarakat hanya tinggal membayar ke Bank BJB dan menyerahkan nomor objek pajak (NOP).

Ia menambahkan, penghapusan denda PBB merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Cirebon kepada masyarakat, sehingga meringankan bagi yang ingin melakukan penuntasan pajak.

"Daerah maju itu, sektor PBB untuk PAD idealnya itu 30 persen. Tahun ini kami akan targetkan melebihi angka tersebut," katanya.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh perangkat desa di Kabupaten Cirebon untuk aktif menyampaikan terkait PBB. Selain bisa dilakukan di Bank BJB, bisa pula dilakukan dengan cara online.

"Masyarakat sudah dimudahkan dengan pelayanan online, bisa melalui indomaret, tokopedia, dan PPOB yang dibentuk di desa," kata Erus. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cirebon

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top