Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusat Pemerintahan Baru Kota Bandung belum Tentu Gunakan Desain Ridwan Kamil

Pemerintah Kota Bandung tidak menutup kemungkinan akan mengganti desain Pusat Pemerintahan Kota Bandung baru di Gedebage hasil rancangan Wali Kota Bandung periode 2013-2018 Ridwan Kamil dengan rancangan baru.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung tidak menutup kemungkinan akan mengganti desain Pusat Pemerintahan Kota Bandung baru di Gedebage hasil rancangan Wali Kota Bandung periode 2013-2018 Ridwan Kamil dengan rancangan baru.

Rencananya, gedung pusat pemerintahan baru rancangan Ridwan Kamil itu mengusung nuansa Sunda Futuristik yang tidak hanya mengusung kekhasan tapi juga merepresentasikan Bandung Juara.

Kepala Sub Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappelitbang Kota Bandung, Andri Heru memastikan konsep pusat pemerintahan baru ini belum tentu menggunakan desain Ridwan Kamil yang saat ini menjabat orang nomor satu di Jawa Barat ini.

Alasannya, hal tersebut akan dikembalikan kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial yang saat ini menjabat. Sehingga desain akan disesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

"Nah belum ada keputusan lagi, karena namanya pimpinan punya pemahaman konsep dan yang lainnya," kata Andri di Balai Kota Bandung, Rabu (12/2/2020).

Untuk itu, ia masih akan menunggu finalisasi rencana pemindahan pusat pemerintahan baru ini yang telah diwacanakan rampung 2018 lalu. Jika sudah diputuskan pindah, maka rencananya Gedung Pemerintah Kota Bandung akan difungsikan sebagai kawasan wisata heritage. Terlebih, gedung Balai Kota ini memang masuk salah satu gedung bersejarah di Kota Bandung.

Ia memastikan, saat ini pihaknya masih terus mendorong realisasi pemindahan ‎pusat pemerintahan yang masih terganjal masalah lahan.

Namun, dia mengatakan rencana ini tetap tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bandung 2020 sehingga dipastikan tidak akan terjadi perubahan. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper