Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bawang Putih di Kabupaten Cirebon Capai Rp55.000

Harga bawang putih di Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, mengalami kenaikan harga menjadi Rp55.000 per kilogram dari harga normal Rp20.000 per kilogram. Kenaikan tersebut akibat minimnya pasokan dari distributor.
Pedagang di Cirebon menunjukkan bawang putih /Bisnis-Hakim Baihaqi
Pedagang di Cirebon menunjukkan bawang putih /Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Harga bawang putih di Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, mengalami kenaikan harga menjadi Rp55.000 per kilogram dari harga normal Rp20.000 per kilogram. Kenaikan tersebut akibat minimnya pasokan dari distributor.

Pedagang di Pasar Sumber, Saniah (50), mengatakan, kenaikan harga komoditas bawang putih di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, terjadi sejak dua pekan lalu.

"Naiknya bertahap, seminggu lalu Rp 40 ribu. Sekarang Rp 55 ribu. Harga naik itu dari bandar besar di Pasar Jagasatru Kota Cirebon," kata Saniah di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (11/2/2020).

Akibat kenaikan harga bawang putih, para pedagang di Pasar Sumber hanya mampu menjual sebanyak 5 kilogram setiap harinya. Sebagian besar pembeli pun cuma membeli paling banyak satu ons saja.

Saniah mengatakan, penyebab harga bawang putih yang mengalami kenaikan dikarenakan stok yang ada di Pasar Induk Jagasatru, Kota Cirebon, mengalami pengurangan. Sehingga pedagang di Pasar Sumber hanya mampu membeli 10 kilogram setiap harinya.

"Biasanya kalau beli sampai 20 kilo, sekarang tidak bisa karena mahal. Terus masyarakat yang beli juga menjadi sedikit," katanya.

Pedagang lainnya, Tini (45), mengatakan, kenaikan tersebut terjadi saat maraknya isu virus corona di Indonesia. Sebab, bawang putih yang dijual oleh para pedagang merupakan impor dari China.

"Tidak tahu benar atau tidak, yang pasti gara-gara musim corona jadi naik. Tahun lalu bulan segini belum pernah naik," katanya.

Selain bawang putih, sejumlah komoditas lainnya mengalami kenaikan harga. Cabai rawit merah yang semula berharga Rp40.000 per kilogram menjadi Rp90.000. Sedangkan bawang bombay dari Rp20.000 menjadi Rp30.000 per kilogram.

Berdasarkan informasi dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Republik Indonesia, harga standar bawang putih di Kabupaten Cirebon menurun dibandingkan kemarin, Senin (11/2/2020).

Pada Senin kemarin, harga bawang putih memiliki harga Rp70.000 per kilogram dan hari ini menjadi Rp62.500 turun sebesar 1,63 persen. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper