Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Puji Akselerasi Pendidikan Anti Korupsi di Purwakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi langkah responsif Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pendidikan setempat yang telah mengakselerasikan pendidikan anti korupsi di sekolah-sekolah.
Kadisdik Purwakarta Purwanto bersama Perwakilan Satgas KPK, Dian Rahmawati/Istimewa
Kadisdik Purwakarta Purwanto bersama Perwakilan Satgas KPK, Dian Rahmawati/Istimewa

Bisnis.com, PURWAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi langkah responsif Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pendidikan setempat yang telah mengakselerasikan pendidikan anti korupsi di sekolah-sekolah.

Dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (10/2/2020), dijelaskan sejak terbitnya regulasi lima atau enam bulan kemudian Disdik Purwakarta sudah menerapkan regulasi. Ini dianggap sangat luar biasa. Selain itu, KPK juga mengapresiasi inisiatif-inisiatif yang muncul untuk mengimplentasikan setiap peraturan, seperti melahirkan modul bagi tim pengajar yang akan melakukan training of trainer.

Perwakilan Satgas KPK, Dian Rahmawati juga menyinggung soal agenda festival film yang bertemakan pendidikan anti korupsi di Purwakarta.

"Disdik Purwakarta hebat, karena telah melakukan akselerasi-akselerasinya kemudian targetnya akan ada festival film pendidikan anti korupsi di tingkat SD dan SMP. Ini lagi-lagi merupakan terobosan besar. Dengan insersi dan pembentukan karakter yang baik, kelak akan lahir manusia unggul dan Indonesia akan terus tumbuh sebagai negara yang maju," kata Dian.

Sementara itu, Kadisdik Purwakarta Purwanto menjelaskan implementasi rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi kepada para peserta yang hadir.

Menurutnya, pendidikan anti korupsi di sekolah dilakukan sebagai upaya pencegahan melalui pemutusan generasi penerus. Generasi kedepan harus di siapkan melalui karakter yg baik mulai dari sekolah-sekolah.

"Di Purwakarta telah di keluarkan regulasi Perbup tentang hal tersebut dan telah ditindak lanjuti melalui sosialisasi, deklarasi dan pelatihan TOT," katanya.

Selanjutnya, juga dilakukan pelatihan untuk semua guru di Kabupaten Purwakarta degan narasumber fasilitator kabupaten dan Widya Iswara yang tersertifikasi KPK.

"Kita juga mendatangkan tim dari KPK yang hari ini datang dan lima pertemuan kedepan mereka akan terus datang membimbing para guru di Purwakarta," ujarnya.

Dia katakan berikutnya, dalam waktu dekat pada bulan Februari sampai dengan April 2020 akan diadakan festival film pendek dengan tema; Menyelamatkan Generasi Dari Korupsi.

"Juga akan ada lomba esai dan komik pendidikan anti korupsi. Pembelajaran anti korupsi akan di lakukan melalui pendekatan kelas, budaya sekolah dan lingkungan masyarakat," ujarnya.

Kadisdik optimistis hal ini akan berhasil jika semua pihak memiliki komitmen anti korupsi bersama-sama.

"Modal dasarnya adalah komitmen, kreativitas dan cita-cita kita. Dengan upaya serius, maka saya yakin akan tumbuh anak-anak yang dapat berbuat baik sekaligus menjadi contoh di lingkungannya," demikian Purwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper