Drum Bekas Dimanfaatkan Suhanan Jadi Furniture

Di tangan Suhanan (43), warga Desa Cengkoak, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon, drum bekas yang tidak memiliki nilai ekonomis tinggi mampu disulap menjadi furniture atau peralatan rumah tangga bernilai jual tinggi. Salah satunya menjadi satu set kursi dan meja.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  16:12 WIB
Drum Bekas Dimanfaatkan Suhanan Jadi Furniture
Drum bekas yang tidak memiliki nilai ekonomis tinggi mampu disulap menjadi furniture. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Di tangan Suhanan (43), warga Desa Cengkoak, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon, drum bekas yang tidak memiliki nilai ekonomis tinggi mampu disulap menjadi furniture atau peralatan rumah tangga bernilai jual tinggi. Salah satunya menjadi satu set kursi dan meja.

Suhanan yang akrab disapa Enon ini menuturkan, awal mula menekuni produksi barang tersebut yakni pada empat tahun lalu saat sering melihat tumpukan drum bekas disalah satu penjual barang bekas di wilayah Kabupaten Cirebon.

Merasa penasaran, Suhanan pun kemudian membeli satu buah drum bekas penampungan minyak tersebut dan dibawa pulang untuk diubah menjadi kursi berbekal gambar dari internet.

"Ternyata berhasil. Kemudian saya unggah dimedsos, ternyata banyak yang minta untuk dibuatkan. Dari situ saya terpikirkan untuk dipasarkan," kata Suhanan di Kabupaten Cirebon, Jumat (7/2/2020).

Suhanan mengatakan, kalau ia paling sering mendapatkan pesanan pembuatan satu set meja dan kursi. Barang tersebut biasa digunakan di rumah, kantoran, taman, obyek atau pun rumah makan.

Kemudian, untuk ketersediaan bahan baku pun ia mengaku tidak mengalami kesulitan, lantaran, banyak pabrik-pabrik di Kabupaten Cirebon yang membuang begitu saja dan jarang dimanfaatkan oleh masyarakat lainnya.

"Jadi, setiap permintaan kami sanggupi karena bahan baku banyak. Untuk pembuatan bermacam-macam, mulai dari satu sampai 7 hari," katanya.

Suhanan menyebutkan, kalau ia pernah mendapatkan pesanan dengan bentuk yang sama sekali belum pernah dibuat. Namun begitu, ia tidak menolak pesanan tersebut dan menyanggupi permintaan para pembeli.

"Kalaa ada keinginan dari pembeli untuk menciptakan model baru, saya langsung nengatasinya dengan tambah-tambah ilmu dari internet, biar bisa merancang inovasi baru," kata Suhanan.

Beberapa barang tersebut pun mampu disulap menjadi rak buku, wastafel, tempat sampah, alat bakar sampah sederhana dan beberapa peralatan rumah tangga lainnya dari drum bekas.

Harga satu set kursi dan meja yang dijual oleh Suhana bervariasi, untuk satu paket kursi meja ukuran sedang dibanderol Rp 850 ribu dan sedangkan satu paket ukuran besar kisaran Rp 2 juta sampai Rp 3,5 juta.

Suhanan mengatakan, pembeli pun tidak hanya dari Cirebon dan sekitarnya, melainkan dari Bandung, Bekasi, Bali, dan Jakarta.

"Bahkan ada yang pesan satuan, harganya mulai dari 125 ribu. Alhamdulillah, setiap bulan omzet sampai 45 juta rupiah," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cirebon

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top