Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Kota Cirebon 0,10 Persen, Terendah di Jawa Barat

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon mencatat, Kota Cirebon pada Januari 2020 mengalami inflasi sebesar 0,10 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 102,25.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon mencatat, Kota Cirebon pada Januari 2020 mengalami inflasi sebesar 0,10 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 102,25.

BPS mencatat, dari tujuh kota pantauan IHK di Jawa Barat, semua kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bogor sebesar 0,78 persen dan yang paling rendah Kota Cirebon, 0,10 persen.

"Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran," kata Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri di Kota Cirebon, Selasa (4/2/2020).

Dari sebelas kelompok pengeluaran, lima kelompok pengeluaran mengalami inflasi, satu kelompok deflasi, dan lima kelompok tidak mengalami perubahan indeks.

Kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,80 persen, kelompok perumahan air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami inflasi sebesar 0,02 persen. Sedangkan kelompok pakaian dan alas kaki tidak mengalami perubahan indeks.

Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga mengalami inflasi 0,07 persen, kelompok kesehatan mengalami inflasi 0,16 persen, kelompok transportasi mengalami deflasi sebesar 1,19 persen, kelompok informasi, komunikasi. Sedangkan, jasa keuangan tidak mengalami perubahan indeks.

Kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya serta kelompok pendidikan tidak mengalami perubahan indeks. Lalu perawatan pribadi dan jasa lainnya mengalami inflasi sebesar 0,08 persen.

Tingkat inflasi tahun kalender Januari 2020 sebesar 0,10 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Januari 2020 terhadap Januari 2019) sebesar 1,39 persen. Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi 0,47 persen dan Nasional mengalami inflasi 0,39 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper