Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alun-alun Bandung Kini Miliki Solar Tree

Taman Alun-alun Kota Bandung kini miliki fasilitas penerangan bertenaga surya yang disebut Solar Tree. Solar panel tersebut memang dibentuk menyerupai pohon sehingga akan mempercantik Alun-alun Bandung tersebut.
Peresmian solar tree di area Alun-alun Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan
Peresmian solar tree di area Alun-alun Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Taman Alun-alun Kota Bandung kini miliki fasilitas penerangan bertenaga surya yang disebut Solar Tree. Solar panel tersebut memang dibentuk menyerupai pohon sehingga akan mempercantik Alun-alun Bandung tersebut.

Ada dua Solar Tree di Taman Alun-alun yaiu di pintu masuk sebelah selatan dari Jalan Dalem Kaum dan di pojok sebelah utara yakni akses dari Jalan Asia Afrika.

“Mudah-mudahan hadirnya lampu ini lebih memberikan estetika dan artistik. Sehingga Kota Bandung semakin cantik,” ucap Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, usai meresmikan Solar Tree di Taman Alun-alun Bandung, Kamis (30/1/2020).

Solar Tree memiliki tinggi tak lebih dari 3 meter dengan 16 panel surya berkapasitas 50 MWP. Panel akan menyerap energi matahari untuk menyimpan listrik ke dalam empat buah baterai berkapasitas 100 Ah atau setara 12 volt. Itu cukup untuk menyalakan empat buah lampu dengan daya 20 watt dan menerangi area Taman Alun-Alun Bandung.

Panel surya mengitari tiang menyerupai daun pohon, sehingga sekaligus membuat teduh fasilitas tempat duduk yang tersedia pada Solar Tree ini. Tak hanya untuk penerangan, masyarakat juga bisa memanfaatkan Solar Tree untuk mengisi daya telepon seluler. Karena di sana disediakan sambungan berbentuk port USB.

“Ke depan akan saya cicil terus menghadirkan Bandung semakin ‘caang baranang’ (terang benderang). Salah satunya menghadirkan ini (Solar Tree),” katanya.

Kehadiran Solar Tree di Alun-alun Bandung ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan PT. LEN Industri.. Solar Tree diberikan sebagai bagian dari Coorporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan BUMN yang bergerak di bidang elektronika tersebut.

Menurut Direktur Keuangan dan SDM PT. LEN Industri, Priadi Ekatama Sahari, perusahaannya berada di Jalan Soekarho-Hatta maka memiliki kewajiban untuk mengembangkan Kota Bandung.

“Solar Tree di Alun-alun Bandung ini menjadi semakin istimewa lantaran desain dan proses pembuatannya ini juga dikerjakan oleh para tangan ahli dari Kota Bandung,” akunya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler