Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Imlek, Pemkot Bandung Bertemu Perwakilan Warga Tionghoa

Menjelang perayaan Imlek, Pemerintah Kota Bandung kembali menggelar silaturahmi dengan warga Tionghoa di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Senin (20/1) malam.
Pertemuan Pemkot Bandung dengan perwakilan warga Tionghoa/Bisnis-Dea Andriyawan
Pertemuan Pemkot Bandung dengan perwakilan warga Tionghoa/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Menjelang perayaan Imlek, Pemerintah Kota Bandung kembali menggelar silaturahmi dengan warga Tionghoa di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Senin (20/1) malam.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, hal tersebut merupakan upaya pemerintah menjadikan Kota Bandung yang nyaman dan guyub bagi warganya tanpa membedakan satu sama lain.

"Silaturahmi ini merupakan yang kedua kalinya jelang Imlek. Pada Desember juga kita mengadakan silaturahmi dengan umat Katolik dan Protestan. Sebenarnya saya ingin idealnya bisa silaturahmi dengan seluruh warga Bandung yang jumlahnya 2,5 juta jiwa," ucap Mang Oded, sapaan akrabnya.

Menurutnya, dengan jumlah penduduk tersebut tidak memungkinkan untuk mengundang semuanya. Namun dengan mengundang warga lintas agama diharapkan bisa mewakili penduduk Kota Bandung sebagai bentuk silaturahmi Pemkot Bandung dengan warganya.

"Saya beserta Kang Yana, serta Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), diamanahkan untuk memastikan semua warga Kota Bandung apa pun agamanya, sukunya harus merasa nyaman tinggal di sini," ungkapnya.

Oded pun berharap Silaturahmi antar umat beragama bisa diadakan setiap tahun menjelang peringatan atau hari besar keagamaan masing-masing.

"Silaturahmi tersebut dalam rangka menghadirkan rasa aman dan nyaman di Kota Bandung. Saya juga tidak khawatir karena mendapat dukungan Forkopimda untuk hal tersebut," katanya.

Sementara itu, Ketua FKUB Kota Bandung, Ahmad Suherman mengatakan dengan silaturahmi ini menunjukkan tidak ada yang namanya mayoritas dan minoritas di Kota Bandung.

"Dengan ikatan silaturahmi ini, hebatnya pak wali kota bisa menganggap tidak ada minoritas. Semua warga Bandung itu sama. Semoga kita akan lebih akrab dan dekat," ucapnya.

Sedangkan tokoh Tionghoa Kota Bandung, Herman Widjaja mengatakan, dengan pertemuan dari etnis Tionghoa yang sangat luas kesukuan, agama, dan profesinya bisa mendukung program-program dari Pemkot Bandung.

"Terima kasih pak wali mengundang kembali kami ke sini, yang sudah menunjukkan kasih sayangnya kepada warga. Termasuk saya merasakan sekali dengan dukungannya. Semoga Bandung kondusif, aman, nyaman, dan penuh cinta kasih," ungkapnya.

Sedangkan Tokoh Konghucu Kota Bandung, Fam Kiun Fat mengatakan, rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini sudah dimulai sejak minggu lalu. Ia pun berharap Kota Bandung cukup kondusif selama peringatan.

"Minggu lalu ada bakti sosial, untuk malam Imlek kita juga akan mengadakan open house, saat Imlek-nya sembahyang bersama-sama. Setelah itu akan diadakan upacara besar yang ditutup dengan Cap Go Meh," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper