Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tunjangan ASN Pemprov Jabar Naik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan tunjangan aparatur sipil negara (ASN) Pemprov mulai naik per Januari 2020 ini.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan tunjangan aparatur sipil negara (ASN) Pemprov mulai naik per Januari 2020 ini.

Ridwan Kamil mengatakan kenaikan yang dibalut dalam kebijakan Tunjangan Renumerasi Kinerja (TRK) ini akan berbeda dengan Tambahan Perbaikan Penghasilan (TPP) yang diterapkan sebelumnya.

“Sudah mulai Januari. Jadi orang malas tak akan dapat tunjangan. Yang rajin tunjangannya besar. Kalau dulu TPP Provinsi dikunci mau rajin mau tidak di luar gaji ada tunjangan, sekarang gak lagi,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya penerapan kebijakan ini diharapkan bisa mengikis para ASN malas dan memotivasi orang yang rajin lewat sejumlah pembenahan yang disyaratkan TRK. “Tiap jam 4 sore harus mengisi apa yang sedang dikerjakan dengan bukti, itu saja sederhana,” katanya.

Emil, sapaan akrabnya memastikan meski sederhana program ini tidak akan bisa dimanipulasi ASN-ASN yang malas. Berikutnya dia yakin produktifitas pegawai Pemprov Jabar akan makin mengkilap.

“Orang yang malas tidak bisa menuliskan apa yang dia kerjakan boro-boro dengan bukti. Mudah-mudahan dengan begini, produktivitas ASN meningkat dan saya bisa mengorganisasikan mana yang rajin diapresiasi mana yang malas kita beri porsi,” paparnya.

Menurutnya TRK sendiri merupakan kebijakan yang serupa dengan kebijakan tunjangan saat dia menjadi Wali Kota Bandung. Dia mengaku mengadopsi kebijakan ini karena dinilai sukses menggenjot kinerja pegawai.

Pihaknya juga belum menghitung berapa penghematan anggaran dengan penerapan kebijakan ini. Namun dia memastikan TRK akan sangat adil terutama mengapresiasi pegawai yang berkinerja baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper