Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jusuf Kalla Raih Gelar Doktor Kehormatan di Bidang Produktivitas dari ITB

Jusuf Kalla meraih gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).
Jusuf Kalla (tengah) meraih gelar Doktor Kehormatan di bidang produktivitas dari ITB/Bisnis-Novianti
Jusuf Kalla (tengah) meraih gelar Doktor Kehormatan di bidang produktivitas dari ITB/Bisnis-Novianti

Bisnis.com, BANDUNG - Jusuf Kalla meraih gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tim Promotor, Abdul Hakim Halim mengatakan ITB memberikan kebijakan pemberian gelar tersebut kepada seseorang yang memiliki karya nyata atau pemikiran dan penelitian yang terbukti bermanfaat bagi masyarakat

"Berdasarkan karya-karya inovatif dan rekan jejak yang telah dilakukan, Tim Promotor yakin Jusuf Kalla layak mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dalam bidang produktivitas," ujarnya, pada Senin (13/1/2020).

Dia memaparkan, ada empat contoh nyata yang dilakukan Jusuf Kalla dalam peningkatan produktivitas baik itu di perusahaan, institusi sektor publik dan pemerintahan. Keempat contoh itu antara lain menjadikan PT Bukaka Teknik Utama sebagai produsen dan eksportir garbarata serta konversi minyak tanah ke LPG. Kebijakan konversi ini memberikan dampak positif diantaranya adalah efisiensi anggaran pemerintah melalui pengurangan subsidi, peningkatan devisa melalui penurunan impor BBM serta terlibatnya industri kecil menengah dalam produksi tabung dan kompor gas.

Dia juga menerapkan kebijakan BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan pembangunan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Sementara itu, Jusuf Kalla memaparkan, pencapaian tersebut hanyalah sebagian dari pembelajaran dan perjalanan panjang yang ditekuni di dunia bisnis, politik dan pemerintahan. Secara langsung dan tidak langsung, hampir semuanya berkaitan dengan upaya peningkatan produktivitas.

"Saya baru menyadari bahwa slogan yang selalu saya ucapkan, yaitu Lebih Cepat Lebih Baik, adalah esensi dari produktivitas," katanya.

Terdapat enam catatan penting yang dia bagikan untuk generasi penerus bangsa terkait produktivitas, yaitu pentingnya keberanian untuk memulai dan mengambil risiko, pentingnya sumber daya alam, pentingnya manajemen dan akumulasi pengetahuan, pentingnya peran entrepreneur, pentingnya peranan perguruan tinggi dan pentingnya sikap bijak.

Lebih lengkapnya, simak video acara penganugerahan gelar kehormatan di link berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=Zz_-EFNo22k&feature=youtu.be 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper