Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Hari Ini, KAI Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Stasiun Bandung

Selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020, KAI menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di berbagai Stasiun Besar.
PT KAI menyediakan cek kesehatan gratis di stasiun besar/Bisnis-Dea Andriyawan
PT KAI menyediakan cek kesehatan gratis di stasiun besar/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020, KAI menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di berbagai Stasiun Besar.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas tambahan kepada penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan KA nya di stasiun," ujar Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea, Senin (30/12).

Layanan tersebut hadir bergantian di berbagai Ruang Tunggu stasiun besar seluruh wilayah operasi KAI mulai 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Melalui announcer di Stasiun, para penumpang dihimbau untuk dapat mengikuti layanan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma tersebut.

Di Daop 2, pemeriksaan kesehatan gratis dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa (30/12) di Stasiun Bandung sebelah utara. Pelayanan kesehatan yang dilayani meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, dan konsultasi medis.

Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis ini merupakan tambahan setelah sebelumnya stasiun telah menyediakan Pos Kesehatan Gratis bagi penumpang di Stasiun. KAI juga menyediakan Ruang Ibu Menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.

Dengan mengadakan kegiatan ini, KAI juga bisa mengantisipasi penumpang yang dalam kondisi kurang sehat atau tidak layak untuk melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api. Karena untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang memerlukan kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

KAI juga memiliki Klinik Mediska yang lokasinya dekat dengan stasiun dan telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA. Di Daop 2 ada 6 Klinik Mediska yaitu di Kantor Pusat, Kebon Kawung (area Stasiun Bandung), Purwakarta, Cibatu, Tasikmalaya dan Banjar. Tujuannya untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi kegawatdaruratan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit.

"KAI mengimbau agar para penumpang dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah disediakan KAI ini. Selain itu pastikan kembali kondisi kesehatan dalam kondisi yang fit sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api," ujar Noxy.

Sementara itu, untuk menjamin kehandalan SDM PT KAI, pada hari Senin (30/12) Daop 2 melaksanakan sidak pemeriksaan narkoba kepada Masinis, Assistant Masinis di Kantor UPT Crew KA dan pekerja perawatan sarana di Depo Lokomotif Bandung. Berdasarkan hasil pemeriksaan, semua dinyatakan negatif dan layak menjalankan dinas.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper