Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabar Sudah Restui Amazon Bangun Data Center di Karawang

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah merestui rencana investasi pembangunan data center milik perusahaan ritel raksasa Amazon Web Service (AWS) di Karawang, Jawa Barat.
Hadijah Alaydrus & Wisnu Wage
Hadijah Alaydrus & Wisnu Wage - Bisnis.com 19 Desember 2019  |  05:50 WIB
Jabar Sudah Restui Amazon Bangun Data Center di Karawang
Seorang pengemudi Amazon.com Inc berdiri di samping truk di Los Angeles, California, Amerika Serikat. - Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah merestui rencana investasi pembangunan data center milik perusahaan ritel raksasa Amazon Web Service (AWS) di Karawang, Jawa Barat.

Rencana tersebut telah diketahui oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak lama. Juni 2019, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami menuturkan pihaknya telah mengantongi komitmen rencana investai yang saat itu dikabarkan mencapai Rp1 triliun.

Kepada Amazon, Jawa Barat menawarkan tiga lokasi. Namun, Karawang menjadi pilihan Amazon sejauh ini. Dalam rangka pembangunan AWS tersebut, Disnakertrans Jawa Barat telah bekerja sama dengan AWS.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Mochamad Ade Afriandi mengungkapkan kerja sama tersebut a.l. pelatihan cloud computing untuk mendapatkan instruktur bersertifikat di Jawa Barat dan pelatihan milenial di Jawa Barat mengenai teknologi cloud computing di provinsi dan tingkat kabupaten/kota.

Kerja sama pelatihan ini telah dimulai sejak September 2019. "Selain Jawa Barat akan mempersiapkan kaum milenial menyongsong era Internet of Things, program ini adalah bagian dari upaya mengurangi tingkat pengangguran di Jawa Barat, khususnya pada kelompok usia muda," ujar Ade.

Secara khusus, Ade menambahkan Jawa Barat tengah menyasar lowongan kerja sebanyak 80.000 tenaga cyber security yang diperlukan di Asia setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan inisiasi pemerintah pusat untuk menjadikan Jawa Barat sebagai Center of Excellent di bidang TI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amazon.com cloud computing
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top