Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bikin Kaget! Bankeu APBD Jabar 2020 ke Kabupaten Tasikmalaya Rp744 Miliar

Porsi bantuan keuangan APBD Jawa Barat 2020 ke Kabupaten Tasikmalaya secara mengejutkan melejit dengan angka fantastis.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri)

Bisnis.com,BANDUNG—Porsi bantuan keuangan APBD Jawa Barat 2020 ke Kabupaten Tasikmalaya secara mengejutkan melejit dengan angka fantastis.

Dari data yang didapat media, pada 2020 Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan bantuan keuangan lebih dari Rp 744 miliar. Kabupaten yang pernah dipimpin Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum tersebut menduduki peringkat pertama penerima Bantuan Keuangan 2020.

Setelah Kabupaten Tasikmalaya, berikutnya ada Pangandaran Rp596,8 miliar lalu Garut yang mendapat Rp549,5 miliar diikuti Majalengka Rp456 miliar.

Sementara bankeu terendah didapat Kota Banjar yang hanya mendapat Rp 58 miliar, kemudian Kota Depok Rp70 miliar, Kota Sukabumi Rp113 miliar, dan Kota Bandung Rp119 miliar.

Total bankeu untuk 27 kabupaten/kota dari Pemprov Jabar pada APBD 2020 mencapai Rp 6,92 triliun. Sementara jika digabung dengan dana bantuan desa dan dana bantuan partai politik keseluruhan bankeu mencapai Rp7,7 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat Taufik Budi Budi Santoso mengatakan ada beberapa pertimbangan Tasikmalaya mendapat porsi bantuan keuangan lebih besar dari daerah lain.

Tasikmalaya menurutnya adalah daerah dengan kawasan lindung tertinggi (65 persen), kemudian indeks pembangunan manusia terendah kedua di Jabar.

"Urutan keempat daerah dengan Rumah tangga miskin (RTM) tertinggi di Jabar, urutan kelima daerah dengan luas terbesar di Jabar, urutan kelima daerah dengan capaian PAD terendah di Jabar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper