Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Luncurkan Aplikasi SapaWarga

Sistem komunikasi sekaligus pelayanan antara warga dan pemerintah melalui aplikasi SapaWarga resmi diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Sistem komunikasi sekaligus pelayanan antara warga dan pemerintah melalui aplikasi SapaWarga resmi diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Lewat anggaran Rp60 miliar aplikasi ini dibundling dalam satu ponsel pintar yang dibangikan pada setiap ketua RW. Sekitar 53 ribu lebih RW mendapat fasilitas tersebut.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan program SapaWarga merupakan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel. Di dalamnya ada saluran mengusulkan program pembangunan atau keluhan dari masyarakat pada pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemprov Jabar pun bisa menginformasikan kebijakan pembangunan yang diputuskan melalui aplikasi tersebut.

“Jadi ketua RW ini dikasih pinjam pakai HP, di dalamya ada aplikasi SapaWarga untuk memudahkan proses komunikasi kepada provinsi kalau mau mengusulkan dan kalau sebaliknya provinsi punya program yang ingindisampiakan bisa melalui itu,” katanya usai acara peresmian di Trans Hotel Bandung, Jumat (6/12/2019).

Aplikasi ini menurutnya masih tahap satu. Tahun depan, aplikasi ini akan ditingkatkan menjadi semacam media sosial sehingga proses interaksi masyarakat dan RW hingga tingkat Provinsi Jawa Barat bisa menggunakan aplikasi.

Tentunya kita berharap sistem pelayanan akan memuat semua urusan-urusan sampai ke level kota kabupaten. Karena ada beberapa kewenangan bukan di level provinsi,” katanya.

Aplikasi ini juga akan menyebarkan informasi pencegah kabar hoax dimana berita-berita hoax yang sudah diverifikasi Jabar Saber Hoax diinformasikan ke RW agar tidak ada kekeliruan informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper