Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Mbiz, Biro Pengadaan Barjas Jabar Dipuji KPK

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jawa Barat menjalin kerja sama dengan PT Brilliant Ecommerce Berjaya untuk pemanfaatan e-marketplace.
Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Jabar Ika Mardiah (tengah)/Bisnis-Wisnu Wage
Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Jabar Ika Mardiah (tengah)/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jawa Barat menjalin kerja sama dengan PT Brilliant Ecommerce Berjaya untuk pemanfaatan e-marketplace.

Lewat kerja sama ini, perusahaan pemilik platform digital pengadaan online Mbizmarket.co.id akan menyediakan platform marketplace berbasis toko dalam jaringan (online) bagi lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) ditandatangani langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan CEO Mbizmarket.co.id Rizal Paramarta, serta COO dan Co Founder Mbizmarket.co.id Ryn Hermawan, Jumat (6/12/2019) di The Trans Luxury Hotel Kota Bandung.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Jabar Ika Mardiah memastikan pemanfaatan e-marketplace sudah sesuai dasar hukum yakni Peraturan Presiden Nomor 16/2016 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Ini merupakan bagian dari implementasi yang sudah ditetapkan Pak Presiden,” katanya.

Dia memastikan langkah terobosan untuk belanja barang dan jasa di bawah Rp50 juta ini sudah mendapat supervisi langsung dari pihak KPK. “Kami disupervisi KPK. Kami rutin dievalusi KPK, ide ini disambut baik, ini diacungi jempol. Jadi kerja sama ini hanya memanfaatkan platform Mbiz, tidak ada masalah persaingan usaha,” tuturnya.

Nantinya, pihaknya tidak perlu membangun platform sendiri yang bisa menguras anggaran. Dengan memakai Mbiz, e-marketplace tersebut sekaligus mendorong adanya media pemasaran dan transaksi elektronik yang mudah, cepat, dan efisien antara konsumen dan pelaku usaha khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Ini memberikan kemudahan baik bagi Pemda Provinsi Jabar sebagai pembeli maupun penjual. Tentu kami akan mendorong agar UMKM Jabar bisa lebih terlibat dalam pengadaan barang/jasa pemerintah," katanya.

"Yang selama ini dilakukan dinas, misalnya belanja ke toko beli peralatan tulis, kertas, maupun makanan atau minuman. Setelah bekerja sama dengan Mbizmarket.co.id, nanti belanja melalui platform marketplace bisa dilakukan dari kantor, jadi ini efisien,” tambahnya.

Selain itu, Ika mengatakan bahwa e-marketplace sebagai bagian dari elektronik procurement ini akan memudahkan evaluasi dan monitoring, serta meningkatkan pencatatan, akuntabilitas, transparansi, efisiensi, dan efektivitas.

"Kalau konvensional ke toko, rentan potensi penyimpangan. Kalau online proses pengadaan akan transparan dan akuntabel. Ini sekaligus wujud aktualisasi inovasi dan kolaborasi layanan publik melalui kerja sama dengan dunia usaha," katanya.

Harapannya, lanjut Ika, pengembangan marketplace ini ikut mendukung perolehan nilai sebesar-besarnya (value for money) dari pengadaan barang/jasa yang dilakukan Pemda Provinsi Jabar serta membuka peluang usaha yang kompetitif, sehat, dan wajar.

Dalam MoU, Pemda Provinsi Jabar juga melibatkan Mbizmarket.co.id dalam program sosialisasi penggunaan serta pemanfaatan Mbizmarket.co.id kepada jajaran pengguna serta para pelaku usaha di Jabar yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan pengadaan serta memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada pihak-pihak tersebut.

“Kebijakan ini akan diterapkan diseluruh organisasi perangkat daerah di Pemprov Jawa Barat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper