Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Pansel Seleksi Calon Dirut PT BII dan PD Pasar Bermartabat

Tim Panitia Seleksi (Pansel) mulai menyeleksi calon pejabat di dua BUMD Kota Bandung, yakni PT Bandung Infra Investama (BII) dan PD Pasar Bermartabat.
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna/Bisnis-Dea Andriyawan
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Tim Panitia Seleksi (Pansel) mulai menyeleksi calon pejabat di dua BUMD Kota Bandung, yakni PT Bandung Infra Investama (BII) dan PD Pasar Bermartabat.

Dalam dua hari ini, Pansel menyeleksi untuk pos jabatan Direktur Utama PT BII, Direktur Operasional PT BII. Sementara esok hari, Pansel akan kembali menyeleksi untuk posisi Direktur Utama PD Pasar Bermartabat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan Pansel hari ini melakukan tahapan penyeleksian kepada para calon dan akan dikerucutkan masing-masing tiga nama untuk setiap posisi jabatan dan akan disodorkan nama-nama tersebut kepada Wali Kota Bandung.

"Mudah-mudahan bisa (segera) memberikan rekomendasi ke Wali Kota Bandung," kata Ema di Kota Bandung, Rabu (4/12).

Menurut Ema, latar belakang bakal calon pejabat di dua BUMD ini diwarnai oleh kalangan profesional. Di antaranya kata Ema, ada yang pernah memegang jabatan penting di perusahaan-perusahaan besar seperti Astra, Indofood dan BUMD lainnya.

"Ada kualifikasi dan persyaratan, ada juga calon yang sudah berpengalaman di perusahaan-perusahaan besar, seperti Astra, Indofood, tapi kita gali hari ini, kenapa sampai tertarik kepada BUMD," ungkap Ema.

Ia berharap dengan hadirnya kalangan profesional di tubuh BUMD Kota Bandung, akan semakin meningkatkan performa kinerja. Yakni dengan meningkatkan pendapatan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mampu memaksimalkan aset potensial.

Pasalnya, Ema menilai selama ini kinerja lima BUMD ‎di Kota Bandung masih jauh dari kata optimal. Terutama saat dilihat dari kontribusi terhadap pendapatan daerah dan optimalisasi aset.

‎"Tapi secara umum, kondisi saat ini jujur saja kalau saya belum masuk tahap yang memsuakan, ukurannya, dari pendapatan dan kontribusi ke Pemda, saya pikir itu masih sangat minim, belum sesuai dengan ril potensi yang ada," jelas dia.

Sehingga, ia menilai siapapun yang nantinya dipilih oleh Wali Kota Bandung untuk mengisi jabatan yang ada, akan mampu membawa kinerja BUMD Kota Bandung lebih optimal.

"Kita akan tanya juga sejauh mana mereka mengetahui medan BUMD-nya," pungkasnya.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper