Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Janji Kampanye Jokowi, Tol Cigatas Harus Terwujud

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak bersikap labil dengan rencana pembangunan Tol Cigatas atau Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak bersikap labil dengan rencana pembangunan Tol Cigatas atau Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan statement terakhir Dirjen Bina Marga PUPR yang belum memastikan apakah jalan tol tersebut akan mulai dibangun pada 2020 mendatang mengingat pemerintah ingin lebih mengoptimalkan ruas Pantai Selatan.

“Yang saya tahu di PUPR itu kan sudah dirilis lelang investasinya,” katanya awal pekan ini.

Bahkan dari lelang investasi tersebut nilainya pun sudah dipublikasikan, begitupun dengan proses lelang yang dijanjikan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pihaknya mengaku sebagai pemimpin wilayah, meminta proses pembangunan tol ini berlanjut dengan mengakomodir keinginan daerah.

“Tidak bisa hanya dengan teori dari pemerintah pusat saja,” ujarnya.

Ridwan Kamil bahkan mengingat PUPR jika proyek tersebut sendiri sudah merupakan janji kampanye Presiden Joko Widodo saat Pilpres 2019 lalu. Menurutnya dalam satu kesempatan kampanye di wilayah Garut, Jokowi memastikan pembangunan tol tersebut akan menjadi prioritas.

“Saya kira komitmen Pak Presiden pada rakyat Jawa Barat di Garut itu jadi pegangan,” katanya.

Dirinya sendiri berencana karena proyek ini sudah mulai konkrit akan ditawarkan pula pada investor di Abu Dhabi dalam rencana kunjungannya mendampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan dalam waktu dekat.

“Selain kawasan Rebana saya juga akan membawa tol ini ke Abu Dhabi,” papar Ridwan Kamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper