Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Bandung Kalibrasi Waktu Azan dan Arah Kiblat

Kumandang azan dan arah kiblat menjadi bagian terpenting dalam melaksanakan ibadah salat. Agar azan dan arah kiblat benar, Pemerintah Kota Bandung menggelar bimbingan teknis Hisab dan Rukyah bagi takmir masjid.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 27 November 2019  |  13:49 WIB

Bisnis.com, BANDUNG — Kumandang azan dan arah kiblat menjadi bagian terpenting dalam melaksanakan ibadah salat. Agar azan dan arah kiblat benar, Pemerintah Kota Bandung menggelar bimbingan teknis Hisab dan Rukyah bagi takmir masjid.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan agar kumandang azan bisa serentak dan arah kiblat tepat.

“Jika di Kota Bandung azan serentak di 4.356 masjid, itu akan indah. Semua masjid mengumandangkan azan secara serentak. Bimbingan ini bagian dari upaya kita untuk hadirkan persatuan kesatuan kota bandung yang Islamiah,” jelasnya.

Perlu diketahui, Pemkot Bandung memiliki program Gemar Kiblat (Gerakan Mengumandangkan Adzan Serentak dan Kalibrasi Arah Kiblat) yang telah dicanangkan 18 September 2019 lalu.

“Ini merupakan bentuk Hijrah Maknawiyah yakni mengubah diri dari yang buruk menjadi lebih baik demi menghadap keridaan Allah SWT. Demikan juga dengan arah kiblat, dilakukan kalibrasi supaya tepat mengarah ke Baitullah di Kota Makkah,” jelas Oded.

Maka dari itu, ia mengajak kepada pengurus masjid untuk melakukan kalibrasi supaya bisa serentak mengumandangkan azan serta arah kiblat sehingga salat tepat arah.

Sementara itu, Panitia Bimtek Hisab dan Rukyat, Ahmad Zaelani menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian sosialisaikan sekaligus memberikan upaya pemahaman bagi umat Islam.

“Ini salah satu ilmu yang penting bagi umat Islam, karena dengan mengetahui kapan salat dengan waktu yang tepat dan arah kiblat yang akurat. Maka ini penting untuk menguatkan komitmen pelayanan waktu salat dan kiblat,” katanya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top