Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menengok Keunggulan Ayam Dalam Program Chickenisasi Oded

Wali Kota Bandung Oded M. Danial resmi menyebar 2.000 ayam kepada pelajar di 10 SD dan 2 SMP di Kecamatan Cibiru dan Kecamatan Gedebage, Kota Bandung pada program “chickenisasi” tahap satu.
Pembagian anak ayam untuk siswa sekolah dasar di Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan
Pembagian anak ayam untuk siswa sekolah dasar di Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Wali Kota Bandung Oded M. Danial resmi menyebar 2.000 ayam kepada pelajar di 10 SD dan 2 SMP di Kecamatan Cibiru dan Kecamatan Gedebage, Kota Bandung pada program “chickenisasi” tahap satu.

Lalu apa yang menjadikan program ini istimewa?. Komunitas Bandung Backyard Farm (BBF) menjelaskan, ayam yang disebar kepada pelajar SD dan SMP di Kota Bandung adalah ayam hasil rekayasa genetika persilangan antara ayam kampung sentul dan ayam petelur atau disebut Ayam Joper.

“Dia punya keunggulan pertumbuhannya lebih cepat dan kemampuan bertelurnya lebih banyak,” kata Anggota BBF, Rona Ayudya, di Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (21/11).

Ketahanan ayam ini kata Rona akan diturunkan dari ayam kampung yang memiliki ketahanan lebih kuat dari ayam lainnya.

“Dia punya ketahanan tubuh turunan genetik dari ayam kampung, jadi gak gampang stres, dibanding ayam ras pedaging, kedua antibodi lebih baik,” katanya.

Nantinya, pihaknya juga akan membantu memberi vaksin kepada anak-anak ayam tersebut untuk meningkatkan daya tahan ayam dari penyakit.

“Di sekolah-sekolah juga diberikan buku panduan, sebagai panduan dari guru juga untuk mengontrol” jelas dia.

Vaksinnya yang diberikan kepada ayam-ayam tersebut yakni di umur ayam 3 hari dan 14 hari diberi ND Lasota. Kemudian di umur ayam 25 hari juga kan diberikan vaksi AI atau flu burung.

Sementara itu, Yuga Suwarsa menuturkan, manfaat memelihara ayam bagi anak bisa juga sebagai media parenting. Dimana biasanya hubungan anak dan ayah akan terbangun.

“Hubungan dalam memelihara sesuatu biasanya meningkatkan hubungan anak dan ayah,” jelas dia.

Selain itu, kata pria berlatar pendidikan peternakan ini, anak usia SD memang memiliki ketertarikan untuk memelihara sesuatu. Maka dengan diberikannya anak ayam kepada pelajar akan menjadi pelecut kecintaan anak terhadap binatang dan dunia peternakan.

“Kita ingin mengembalikan jati diri bangsa dalam dunia peternakan,” ungkap dia. (K34).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper