Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Upaya Kurangi Kecelakaan, Program Ridwan Kamil Roller Barrier Mulai Terwujud

Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar  merealisasikan salah satu program Gubernur Jabar Ridwan Kamil yakni memasang roller barrier di sejumlah titik rawan kecelakaan.
Roller Barrier dipasang di titik rawan kecelakaan
Roller Barrier dipasang di titik rawan kecelakaan

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar  merealisasikan salah satu program Gubernur Jabar Ridwan Kamil yakni memasang roller barrier di sejumlah titik rawan kecelakaan.

Kadishub Jabar Hery Antasari mengatakan pembatas jalan berteknologi silinder putar tersebut sejauh ini sudah terpasang di tujuh titik.

“Pemasangan roller barrier sudah berlangsung sejak 2018 sampai saat ini. Total sudah ada terpasang di tujuh titik,” katanya di Bandung, Sabtu (16/11/2019).

Dia merinci pemasangan yang sudah dilakukan yakni di tikungan ‘S’ Jalan Raya Cikidang-Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Dengan panjang pembatas jalan berwarna kuning itu sepanjang 60 meter.

Titik terpasang selanjutnya yakni di Jalan Raya Cijambe-Jalan Cagak, Kabupaten Subang sepanjang 20 meter. Lalu Jalan Raya Leuweung Tiis, Leles, Kabupaten Garut sepanjang 20 meter.“Tiga lokasi ini kita sudah pasang sejak tahun 2018,” ujarnya.

Memasuki tahun 2019, pemasangan dilanjutkan di ruas Jalan Simpang Loji-Puncak Darma, Kabupaten Sukabumi sepanjang 40 meter. Kemudian, pemasangan juga dilakukan di Jalan Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, KM 28 dengan panjang 80 meter.

“Yang sudah selesai juga ada di ruas Jalan Majalengka-Cikijing KM 59+700 sepanjang 20 meter,” tuturnya.

Saat ini ada beberapa titik lainnya yang sedang persiapan pemasangan roller barrier yakni Ruas Jalan Tanjung pura-Rengas dengklok-Batujaya, Kabupaten Karawang sepanjang 80 meter.

Lokasi lainnya yaitu Jalan Raya Cikajang-Bungbulang, Kabupaten Garut sepanjang 80 meter. Saat ini persiapan pemasangannya masih dalam tahap lelang dan baru diumumkan pemenangnya 19 November 2019.“Jadi total yang terpasang nanti tahun 2018 dan 2019 ini 380 meter,” ujarnya.

Progres pemasangan roller barrier ini juga disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya. Ia menyebut roller barrier sudah dipasang di banyak titik rawan kecelakaan di Jabar.

PROGRAM ROLLER BARRIER, teknologi tabung putar penahan trabrakan, sudah dipasang di banyak titik jalan provinsi yang rawan kecelakaan oleh Dishub Provinsi Jawa Barat. Semoga bisa mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di masa depan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper