Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Tenaga Kerja Pemkot Bandung Serap 4.000 Tenaga Kerja

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung telah menggelar tiga kali bursa tenaga kerja sepanjang 2019 ini. Bursa tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung menurunkan angka penganggran. Sekitar 4.000 lowongan terdapat di bursa tenaga kerja tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG -- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung telah menggelar tiga kali bursa tenaga kerja sepanjang 2019 ini. Bursa tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung menurunkan angka penganggran. Sekitar 4.000 lowongan terdapat di bursa tenaga kerja tersebut.

"Sekitar 7.500 tenaga kerja hadir di bursa tenaga kerja. Bukan hanya dari Kota bandung, tenaga kerja dari daerah lain juga hadir di acara yang kami gelar,” ujar Kepala Disnaker Kota Bbandung, Arief Syaifudin, Selasa (12/11).

Menurut Arief, hal itu juga yang membantu menurunkan angka penggangguran di Kota Bandung. Melalui bursa tenaga kerja, warga Kota Bandung diterima di perusahaan atau ritel. Kendati demikian, Arief mengakui jika ada sector lain yang turut membantu penurunan angka pengangguran.

"Yang kerja itu bukan hanya di sektor formal saja, tetapi juga UMK. Banyak industri rumahan bermunculan seperti kuliner” ujar Arief.

Sementara itu Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bandung, Marsana mengatakan jumlah lowongan pekerjaan di Kota Bandung setiap tahun mencapai 15.000 dengan pencari kerja 9.000-11.000 orang.

"Tenaga Kerja Kota Bandung yang berhasil terserap sekitar 5.000 orang. Karena sisanya dari luar daerah. Itu berdasarkan data yang masuk, di luar masih banyak yang belum lapor atau didata, beberapa ada yang sulit," katanya. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper