Klinik Milik PT KAI Juara I Lomba Klinik Pratama Sehat Tingkat BUMN 2019

Klinik Mediska Semarang, yang merupakan fasilitas kesehatan milik PT Kereta Api Indonesia (Persero), menjadi Juara I Lomba Klinik Pratama Sehat Tingkat BUMN Tahun 2019.

Bisnis.com, BANDUNG -- Klinik Mediska Semarang, yang merupakan fasilitas kesehatan milik PT Kereta Api Indonesia (Persero), menjadi Juara I Lomba Klinik Pratama Sehat Tingkat BUMN Tahun 2019. Perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka menyambut peringatan Ke-55 Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh setiap tanggal 12 November.

“Kami sangat bersyukur menjadi juara pertama pada lomba ini. Penghargaan ini merupakan suatu kebanggan tersendiri dimana kualitas dan mutu pelayanan Klinik Mediska diakui Kemenkes RI,” ujar Direktur SDM dan Umum KAI R. Ruli Adi usai menerima penghargaan dari Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo, mewakili Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di Gedung Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (12/11).

Klinik Mediska Semarang berhasil menyisihkan 119 BUMN lainnya dalam ajang tersebut. Penjurian dilaksanakan mulai dari penilaian administratif pada tanggal 29 Agustus 2019 hingga verifikasi lapangan pada 11 Oktober 2019.

Adapun aspek-aspek penilaian dari lomba ini di antaranya lokasi klinik, sarana-prasarana, laboratorium, pelayanan farmasi, dan sistem pengolahan limbah. Klinik Mediska Semarang terletak di Jl. Imam Bonjol No. 103 Semarang atau tepat berada disamping Stasiun Semarang Poncol.

Klinik ini beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Rata-rata pasien harian yang dilayani sebanyak 60% hingga 90% per hari yang terdiri dari Pegawai dan Keluarga KAI, peserta BPJS Kesehatan, dan Pasien Umum. Klinik Mediska Semarang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dengan pelayanan memadai seperti pelayanan dokter umum, pelayanan gigi, pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA)dan KB, serta pelayanan kefarmasian.

Klinik juga memiliki fasilitas seperti ruang tindakan 24 Jam, Ambulance Gratis, Ruang Laktasi, dan lainnya. Berbagai program juga rutin dijalankan oleh Klinik Mediska Semarang.

Program-program tersebut dilakukan baik di area klinik maupun di luar klinik. Kegiatan yang rutin dikerjakan di dalam area klinik antara lain Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), senam bersama, donor darah, penyuluhan kesehatan, dan pojok olahraga untuk pengendalian dan pengelolaan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Sedangkan kegiatan di luar area klinik yaitu melaksanakan kegiatan home visit dan hospital visit bagi pasien yang sedang sakit di rumah maupun di rumah sakit. Hal ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan tindak lanjut terhadap kondisi pasien yang berobat ke klinik.

Saat ini KAI memiliki 54 Klinik Mediska yang tersebar di seluruh wilayah operasi KAI dengan rata-rata pasien harian yang dilayani sejumlah 1.021 pasien. Klinik Mediska memiliki visi untuk menjadi klinik terpercaya bagi Pegawai, Keluarga Pegawai KAI, dan Masyarakat Umum dengan Mengutamakan Pelayanan Primadan Profesional. Ruli menegaskan, adanya penghargaan ini akan semakin memacu kami dalam upaya meningkatkan pelayanan primakepada pasien melebihi dari apa yang pasien harapkan terhadap pelayanan kesehatan.

“Klinik Mediska memiliki misi untuk menyediakan pelayanan kesehatan secara komprehensif melaluipelayanan yangberkualitas, profesional serta memberikan pelayanan kesehatan dengan fasilitas moderndan lengkap,” tutup Ruli. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper