Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Raih Penghargaan Inovasi Bidang Kesehatan

Pemerintah Kota Bandung menyabet penghargaan bidang kesehatan dalam Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Innovation Award III-2019.
Wali Kota Bandung Oded M Danial/Istimewa
Wali Kota Bandung Oded M Danial/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung menyabet penghargaan bidang kesehatan dalam Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Innovation Award III-2019.

Pemkot Bandung mendapatkan penghargaan Platinum Award dalam kategori Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Yaitu atas inovasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung yakni Bandung Emergency Service Quality Innovation (Besquit).

"Alhamdulillah hari ini Kota Bandung mendapatkan penghargaan untuk inovasi di bidang kesehatan di IndoHCF award," kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Minggu (10/11).

Oded menyatakan, penghargaan ini tak membuat Pemkot Bandung berpuas diri. Justru menjadi pelecut agar terus bekerja keras lebih kreatif mengembangkan program yang lebih inovatif. Tak hanya di sektor kesehatan tetapi juga di bidang lainnya.

"Mudah mudahan apa yang sudah kita lakukan dengan sepeda ambulans dan tourism emergency menjadi spririt agar bisa bersama-sama menghasilkan berbagai inovasi. Sehingga pelayanan publik utamanya di bidang kesehatan bisa semakin baik," terangnya.

Sedikit mengulas perihal Besquit, Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita menerangkan, inovasi ini memiliki tiga program unggulan. Program pertama yaitu penyediaan aplikasi digital Bandung Emergency Application System (BEAS), yang memuat informasi tentang penanganan pertama dalam situasi darurat.

Program kedua dari inovasi Besquit yaitu pemberian pelatihan pertolongan pertama bagi para pelaku jasa pariwisata. Program bernama Bandung Emergency Tourism System (BETS) ini dibuat guna memberikan pelayanan prima bagi wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

"Melalui BETS ini, para pelaku pariwisata seperti pegawai hotel dan rumah makan kita berikan pelatihan. Jadi mereka sudah punya keahlian jika terjadi sesuatu hal kegawatdaruratan terhadap turis. Mereka bisa melakukan pertolongan pertama," ujar Rita.

Kemudian program ketiga dari inovasi Besquit adalah Bandung Medical Bike (BMBI). Yakni, pelayanan emergensi dengan menggunakan sepeda.

"Lalu kita mempunyai ambulans sepeda untuk patroli di kegiatan yang sulit dijangkau ambulans mobil dan motor, seperti culinary night atau CFD (Car Free Day) juga," jelasnya

Pada acara tersebut, Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto yang memberikan langsung penghargaan dalam IndoHCF Award III-2019 ini turut menyampaikan apresiasi. Dia berterima kasih atas inovasi serta setiap upaya maksimal seluruh pihak dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Terima kasih atas dedikasi dan prestasi saudara dalam pembangunan kesehatan di Indonesia untuk mewujudkan generasi sehat Indonesia unggul," kata Terawan. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper