Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Banjir, BPBD Cirebon Tinggikan Tanggul Sungai

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berupaya mengantisipasi terjadinya bencana banjir pada musim hujan yang akan datang dengan meninggikan tanggul sungai.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berupaya mengantisipasi terjadinya bencana banjir pada musim hujan yang akan datang dengan meninggikan tanggul sungai.

"Untuk pencegahan agar nanti ketika masuk musim hujan tidak meluap lagi, kami bekerja sama dengan instansi terkait meninggikan beberapa tanggul sungai," kata Kepala Seksi (Kase) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman di Cirebon, Senin (4/11/2019).

Eman mengatakan ada beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Cirebon yang rawan bencana banjir terutama pada saat musim hujan, karena wilayah Cirebon terdapat di aliran hulu sungai, sehingga ketika debit air tinggi dan sungai tidak bisa menampung, maka dipastikan bisa menyebabkan banjir terutama daerah yang berdekatan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Cirebon juga sudah berupaya meminimalkan terjadinya bencana banjir dengan meninggikan tanggul sungai yang menjadi titik rawan.

"Sepanjang 1,5 kilometer tanggul Sungai Cisanggarung yang bisa meluap ketika musim hujan kita tinggikan," ujarnya.

Selain meninggikan tanggul sungai BPBD bekerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait membersihkan aliran sungai, hal ini diharapkan dapat meminimalkan terjadinya banjir.

Di Kabupaten Cirebon ada beberapa daerah khususnya di hilir sungai yang kerap menjadi langganan banjir, seperti di Kecamatan Gebang, Losari, Pabedilan, Waled, Gunung Jati dan beberapa lainnya.

"Daerah yang rawan banjir itu terletak di hilir sungai, terkadang meski tidak hujan juga bisa banjir, karena kiriman dari daerah hulu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper