Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Purwakarta Alokasikan Rp7,9 Miliar untuk Pilkades Serentak

Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,9 miliar untuk pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 83 desa yang tersebar di 17 kecamatan pada 2020.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,9 miliar untuk pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 83 desa yang tersebar di 17 kecamatan pada 2020.

"Persiapannya sudah mulai dilakukan, seperti pembentukan panitia di tingkat kabupaten hingga tingkat desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Purwakarta Panda Dinata, di Purwakarta, Senin.
Ia mengatakan, meski sudah dipastikan pilkades serentak tersebut akan digelar tahun depan, tetapi tanggal dan bulannya belum ditentukan.

"Untuk waktu pelaksanaannya akan ditentukan melalui Surat Instruksi Bupati Purwakarta. Kalau pihak legislatif sudah sepakat pilkades serentak digelar tahun depan," kata dia.

Mengenai anggarannya sudah dialokasikan dalam APBD 2019 dan telah diatur skema pencairan anggarannya.

Menurut dia, anggarannya tidak akan disalurkan melalui dinas. Namun, panitia pilkades mencairkannya melalui pemerintah desa yang terkoneksi secara sistem keuangan dengan Pemkab Purwakarta.

“Jadi tidak melalui kami sebagai dinas, itu langsung dari pemkab ke panitia melalui pemerintah desa,” katanya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Purwakarta mencatat pilkades yang akan digelar serentak di 83 desa tersebut memiliki daftar pemilih sebanyak 299.125 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper