Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopi Puntang Juara 1 Indonesia Cupping Kontes 2019

Kopi Puntang kategori Arabica natural asli Kabupaten Bandung sabet juara 1 dalam kejuaraan tingkat nasional ‘Indonesia Cupping Contest XI 2019’.
Kopi Puntang/Bisnis-Dea Andriyawan
Kopi Puntang/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Kopi Puntang kategori Arabica natural asli Kabupaten Bandung sabet juara 1 dalam kejuaraan tingkat nasional ‘Indonesia Cupping Contest XI 2019’.

Kopi asal Bandung Selatan itu mampu menyingkirkan kopi dari daerah lain seperti kopi Kerinci Jambi, kopi Gayo Aceh, kopi Mandailing dan kopi Kintamani.

Cupping kontes yang diselenggarakan Kamis 17 Oktober hingga Sabtu 19 Oktober tersebut diikuti 572 peserta se Indonesia. Kopi Puntang kategori arabica natural disebut telah mendapatkan skor 90,75 yang dinobatkan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Kopi Puntang kategori arabica natural tersebut mampu unggul dalam tingkat keasaman (acidity), kekentalan (body), aroma (fragrent), tingkat kemanisan (sweetnes), rasa (flavor), bersih (clean) dan after taste.

Owner Kopi Puntang, Irwan S Komaludin mengatakan sebelum mengikuti kejuaraan ini, pihaknya mengaku telah mempersiapkan dalam satu tahun mulai dari treatment pohon kopi, pemilihan biji chery, pencucian (washing), penjemuran dan penyortiran biji yang seragam.

“Itu semua dilakukan dengan cermat, misalnya waktu pemilihan biji itu kita selektif untuk mendapatkan buah chery dengan warna merah sempurna seragam. Bahkan di tahap washing pun harus pake air langsung dari mata air agar rasa tidak terkontaminasi,” ujar Irwan, Senin (21/10).

Penjurian sendiri dalam gelaran tersebut disebutnya dilakukan oleh juri profesional level Internasional yang diantaranya juri asal Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, India, Thailand, Vietnam. Untuk juri dari Indonesia sendiri yaitu Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka), Kementrian Perdagangan dan praktisi bisnis kopi.

“Karena proses cupping itu lebih pada uji cita rasa, kita bikin lima gelas kopi tubruk menjadi satu paket semple yang langsung diuji oleh juri dari dalam dan luar negeri,” terangnya.

Meski mampu menjadi yang terbaik, ia mengatakan akan terus meningkatkan kualitas kopi untuk terus menjadi produk unggulan asal Jawa Barat.

“Sebetulnya, bisa dibilang Puntang itu ada sentimen negatif bahwa kemarin itu kebetulan aja karena kopi puntang milik pengusaha lain pernah menang di Amerika. Banyak persepsi seperti itu, jadi ke depannya harus lebih di depan untuk berinisiatif memajukan produk daerah,” katanya,” tambahnya.

Ia menambahkan Kopi Puntang jenis Arabica Natural ini dikembangkan sejak 2015 dengan pengolahan terintegrasi mulai dari petani, penyortiran biji kopi, roasting dan packing. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper