Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung dan Kota Namur Belgia Perkuat Kerja Sama Sektor Bisnis

Pemerintah Kota Badung bersama Kota Namur, Belgia mempererat kerja sama di bidang bisnis.
Kerja sama Pemkot Bandung dan Belgia/Bisnis-Dea Andriyawan
Kerja sama Pemkot Bandung dan Belgia/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Badung bersama Kota Namur, Belgia mempererat kerja sama di bidang bisnis.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyambut baik kedatangan duta besar dan perwakilan beberapa perusahaan asal Belgia tersebut.

"Terdapat tiga pilar pembangunan di Kota Bandung yakni, desentralisasi, inovasi dan kolaborasi. Hal tersebut memerlukan sinergi dari berbagai pihak. Dalam hal ini kami berharap bisa berkolaborasi dengan pebisnis dari Belgia," kata Oded, Jumat (11/10).

Menurut Oded, kerja sama Kota Bandung dengan Namur merupakan suatu upaya kolaborasi agar saling mendukung untuk pembangunan kedua kota, serta mengeksplorasi berbagai potensi bisnis yang ada.

"Kerja sama Bandung-Namur dimulai 2017 lalu. September kemarin juga delegasi dari Pemkot Bandung berkesempatan berkunjung ke sana. Semua falam rangka mengeksplorasi bidang-bidang potensial yang dapat dikerjasamakan," ucapnya.

Dari hasil pertemuan tersebut, Pemerintah Kota Bandung dan Namur menyepakati kerja sama dalam berbagai pendekatan, salah satunya pendekatan yang diperkuat adalah sektor bisnis.

"Dengan keterbatasan yang dimiliki Kota Bandung, seperti SDM, kemampuan keuangan, manajemen, dan teknologi, kolaborasi merupakan jalan yang paling efektif untuk mencapai tujuan yang baik," kata Oded.

Menurut Oded, dengan kunjungan dari delegasi Belgia ini bisa menambah warna pada hubungan Kota Bandung dan Namur.

"Kami sangat terbuka untuk kerja sama baru, terlebih untuk kemajuan kota. Saya harap potensi kerja sama bisa digali lagi," katanya.

Menanggapi hal tersebut, CEO Wallonia Export-Investment Agency (AWEX), Pascale Delcomminette mengaku bersyukur bisa berkunjung ke Kota Bandung. Ia menginginkan kerja sama yang lebih baik lagi ke depannya.

"Kami sudah menandatangani beberapa MoU dengan Namur. Artinya kerja sama ini sudah ditandatangani secara sah. Semoga ke depannya bisa lebih membangun untuk kedua belah pihak," katanya.

Perlu diketahui, dalam pertemuan tersebut sempat membahas kerja sama pada sektor peternakan. Yaitu mengawinsilangkan sapi lokal dengan sapi Belgia. Hal tersebut berdampak pada ukuran sapi yang cenderung lebih besar dan berpengaruh pada harga jual. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper