Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudah Ada Command Center di Gedung Sate, Kenapa Dibuat Satu Lagi?

Meski sudah ada command center yang dibangun masa pemerintahan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Pemprov kembali membangun satu command center di Gedung Sate.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Meski sudah ada command center yang dibangun masa pemerintahan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Pemprov kembali membangun satu command center di Gedung Sate.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jabar Setiaji mengatakan pihaknya menganggarkan Rp5,2 miliar untuk membangun Command Center yang ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Targetnya pada bulan Desember ini [selesai], mudah-mudahan bisa kita launching," katanya di Bandung, Selasa (8/10/2019).

Dia mengakui Pemprov Jabar memang sudah meluncurkan command center Gedung Sate yang diresmikan Gubernur Ahmad Heryawan pada 11 Mei 2018 lalu. Rencananya command center lama akan digunakan untuk penanganan sungai Citarum.

"Jadi command center ini kita ngebangun baru, untuk lokasi tetap di Gedung Sate hanya beda blok dengan yang sudah ada," katanya.

Nantinya selain luas, dia sampaikan, desain command center baru ini akan lebih futuristik mirip dengan command center yang dimiliki oleh Kota Bandung.

"Kalau command center yang kemarin kan cuma sedikit ruangannya. Kalau ini seperti di Kota Bandung, selain bentuknya yang lebih futuristik terus ada juga galeri-galeri," katanya.

Selain itu akan ada beberapa ruangan pada command center ini selain ruang kerja unit pusat layanan digital servis. Di mana akan ada juga ruangan untuk memutar berbagai video tentang provinsi Jabar.

Rencananya command center yang sedang dalam pengerjaan ini nantinya dapat diakses oleh masyarkat sebagai tempat wisata baru di kawasan Gedung Sate. jadi masyarakat bisa datang untuk melihat dan mengenal digital literasi.

"Sebagai edukasi juga. Kami menginformasikan produk-produk digital Pemprov Jabar dan masyarakat bisa turut berpartisipasi," katanya.

Namun pada dasarnya, fungsi Command Center memonitor beberapa indaktor. Misalnya, lanjut dia, sebagai penanganan bencana dan informasi seperti mengenai trafic jalan dan lain-lain.

"Untuk tender Rp5,2 miliar itu juga kami beserta peralatan-peralatan yang nantinya ada di dalam command center," ungkapnya.

Selain di Gedung Sate, tahun 2019 ini pihaknya pun bakal membangun command center di empat kabupaten, yaitu di Indramayu, Garut, Pangandaran dan Cirebon. Sementara di tahun 2020, diproyeksikan ada 9 command center yang bakal didirikan.

"Kami pilih daerah yang belum punya command center dan yang sudah siap melaksanakan. Karena mereka (Kabupaten Indramayu, Kabupaten, Garut, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Cirebon) sudah menyiapkan perangkat SDM," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper